Pemdes Pasiran Gelar pembukaan MTQ tingkat Desa Pasiran TA 2024

Bengkalis-Pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur-an (MTQ) tingkat Desa Pasiran TA. 2024 resmi dibuka dan dipusatkan di Masjid Jamik Khairul Jamaah JL Rajimun Dusun Kampung Tenggah Desa Pasiran Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis.Hari Kamis Tanggal 27/6/2024 pukul 20.30 wib.

Acara pembukaan MTQ tersebut dimeriahkan dengan bebagai pertunjukan Seperti pawai Ta’ruf, tari-tarian, kompang , pembacaan ayat Suci Al-Qur-an dan lain lain. Acara dibuka secara langsung oleh Camat Bantan Rafli Kurniawan S,IP. M,SI, didampingi Oleh PJ, Kades Pasiran Ahmad wahyudi beserta PJ Kades Se-Kecamatan Bantan dan tamu undangan Lainya.sementara pembacaan Do’a dibaca oleh Ustaz Pamuji S,Pd.

Adapun para peserta kafilah berasal dari Dusun Imam BulQin, Dusun Samikun, Dusun Kampung Tenggah berjumlah sebanyak 66 orang putra-Putri dengan jumlah cabang perlombaan diantaranya : Murotal Qur-an terdiri dari 13 peserta Putra-Putri, Tilawah Qur-an anak-anak 8 peserta Putra-Putri, Tilawah Qur-an Remaja 13 peserta Putra-Putri. Tilawah Qur-an Dewasa 10 peserta. Sambi Qur-an 8 peserta Putra-Putri, kaligrafi 25 peserta Putra-Putri .

Tidak lupa pula penyerahan piala tropi bergilir Tahun 2023 yang lalu yang di menangkan Oleh Dusun Samikun kepada PJ Kepala Desa Pasiran Ahmad Wahyudi S. Sos, Untuk diperebutkan kembali pada kompetisi MusabaQoh Tilawatil Qur-an (MTQ) 1445 M, TA 2024 ini. Adapun Tema pelaksanaan MTQ ,” Dengan Semangat MTQ ke 10 tingakat Desa Pasiran kita jadikan Alquran sebagai petunjuk menuju masyarakat madani dan Qurani,”

Mewakili PJ Kades Pasiran Ahmad Wahyudi S,Sos, dikarenakan baru sembuh dari sakit yang tak mungkin PJ kades bertahan berdiri lama SEKDES Pasiran Sulastri dalam kata sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Ibu Bupati Bengkalis Kasmarni S, Sos,MMP. Yang memprogramkan dana Bermasa terhadap seluruh Desa se-Kabupaten Bengkalis khususnya Deda Pasiran. Ucapnya.

Sulastri juga mengucapkan terimakasih pada para donatur yang ikut dalam penyelenggaraan kegiatan MTQ, tidak lupa pula mengucapkan terimakasih kepada seluruh panaitia, begitu juga dengan Ibu-ibu PKK dan seluruh masyarakat Pasiran atas Subangsih dan bantuan fikiran, waktu, tenaga berpartisipasi ikut dalam menyukseskan kegiatan pelaksanaan MTQ ini .

Menurutnya salah satu peningkatan , pemahaman, pengorbanan nilai keagamaan adalah melalui kegiatan MTQ ini yang merupakan Syi’ar Islam yang bertujuan Memperkuat keimanan dan ketakwaan. Untuk itu diharapkan MTQ tingkat Desa ini tidak hanya semata -mata hanya untuk berlatih atau berlomba membaca Al-Qur-an saja, Akan tetapi MTQ merupakan jalan pendidikan bagi anak-anak untuk semakin mencintai Al-Qur-an dan menyempurnakan ahklak dan kegiatan ini sebagai upaya memfasilitasi untuk menguasai Al-Qur-an dengan mengamalkan kandungan isinya. Imbuhnya.

Camat bantan Rafli Kurniawan S,IP, M,SI, dalam sambutannya sangat mengapresiasi kepada Pemdes Pasiran yang telah menyukseskan kegiatan MTQ ke-10. Bahwasannya kegiatan MTQ bukan hanya kegiatan yang dilakukan setiap tahun secara Seremonial dalam artian kegiatan ini wajib dilaksanakan.tanpa dorongan para sesepuh, para kyai, para ustazah mungkin LPTQ tidak akan terbentuk.

Diharapkan setelah selesai kegiatan pelaksanaan MTQ putus begitu saja tanpa adanya tindak ada tindak lanjut. Untuk itu dimalam penuh berkah nantinya kades, PJ kades agar setelah selesai Mtq untuk melakukan pembinaan khusus yang tentunya Perlu kolaborasi Pemerintah Desa Dan Pemerintah Kecamatan melalui LPTQ yang ada di Kecamatan dan Desa.

Rafli Kurniawan S,IP, M,SI. mengucapkan terimakasih Kepada Kepemimpinan Bupati Dan wakil Bupati Bengkalis Kasmarni S, Sos,MMP – H. Bagus Santoso karna satu satunya kabupaten berani mensuport Dana satu milyar satu Desa. Dimana dengan satu milyar satu Desa dapat digunakan untuk pebangunan dan pemberdayaan . Bahkan bukan hanya pembangunan infra struktur tapi juga pembangunan data manusia dengan menyediakan satu Desa satu penyuluh agama. Dana bermasa juga bisa melakukan upaya-upaya untuk megembangkan kegiatan lainnya.

Tampak hadir pada acara MTQ ke 10 , PJ Kades Pasiran Ahmad Wahyudi S, Sos. Series Pasiran Sulastri, camat Bantan Rafli Kurniawan S,IP.M,SI. Bhabin Kamtibmas AIPDA Sugiarto, Bhabinsa desa Serda Armansyah, Kades/PJ Kades Se-Kecamatan Bantan, Para ketua Dusun, Ketua BPD dan anggota. Ketua MUI, LKMD, Ketua Karang taruna. Tokoh agama. Tokoh masyarakat, tokoh pemuda , Rt/Rw se-desa pasiran, para kafilah, dan Tamu undangan lainnya.

Liputan wintoro.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.