Bupati Demak Ikut Menyaksikan Penyerahan Minyak Jamas Oleh Keraton Surakarta Kepada Kasepuhan Kadilangu

Demak- Hari ini Sabtu 15 Juni 2024 telah dilaksanakan upacara penyerahan minyak Jamas atau biasa disebut ” Abon abon ” dari Keraton Surakarta kepada Kasepuhan Kadilangu, untuk prosesi Grebeg Besar terutama penjamasan keris dan ageman ontokusumo.

Acara penyerahan minyak jamas tersebut dihadiri langsung Bupati Demak Ibu dr. Hj. Eistianah, SE, Bp. Wakil Bupati Demak, Sekda Demak beserta jajaran forkompimda Demak. Juga hadir dari Kasultanan Surakarta yaitu Gusti Kanjeng Kusumo, M.Si dan Pangeran Gusti Ratu Alit sak pengombyong serta dari pihak Kasepuhan Sunan Kalijaga yang dipimpin oleh Bp. H. Raden Cahyo Imam Santoso.

Dalam sambutannya, sesepuh Kadilangu, Bp. H. Imam Santoso mengatakan ” Prosesi abon abon ini merupakan satu rangkaian dari perayaan Grebeg Besar Demak yang merupakan warisan budaya dari para leluhur yang perlu kita lestarikan termasuk pada pagi hari ini adanya upacara abon abon, yakni penyerahan uborampe penjamasan keris dan juga ageman Ontokusumo dari Mbah Sunan Kalijaga”. Katanya.

Selanjutnya, sambutan dari Keraton Surakarta Bp. Kanjeng Adipati Dipo Kusumo Haryo menyampaikan ” Banyak terimakasih pada masyarakat Demak, terutama pada Bupati Demak ibu dr. Hj. Eistianah, S.E yang telah nguri nguri atau melestarikan budaya ini yang sudah ratusan tahun lamanya berjalan. Banyak ajaran Islam yang terkandung di dalamnya, sehingga terlihat dakwah Islam yang jawani, seperti contoh wadah takir yang berarti taqwa dan dzikir” jelasnya.
Dia menambahkan, seperti adanya gulungan yang berarti hasil hasil bumi yang perlu kita lestarikan. Yang berisi Polo Kependem berarti memahami asal usul manusia, Polo Sampar berarti bagaimana pelaksanaan di dunia, dan Polo Gumantung yang berarti tergantung pada sang pencipta yaitu Allah SWT ” tambahnya.
Dengan upacara ini merupakan jati diri kita sebagai penerus dari Mbah Sunan Kalijaga, sehingga dapat membawa manfaat yang besar pada kemakmuran masyarakat Demak ” pintanya.

Kemudian ibu Bupati Demak juga menyampaikan banyak Terimakasih pada Kasepuhan Kadilangu atas terlaksananya upacara abon abon ini. Semua itu karena adanya harmonisasi antara Pemkab Demak dan pihak Kasepuhan. Sehingga upacara Penyerahan minyak jamas dari Keraton Surakarta bisa berjalan dengan baik. ” jelasnya.
Beliau menambahkan, prosesi acara Grebeg Besar ini sudah berjalan kira kira sebulan yang lalu, dan hari ini ada upacara abon2 serta puncaknya pada hari senin yang akan datang dengan berbagai acara diantaranya adanya Ancaan yang berjumlah 521 disesuaikan dengan hari jadi Demak, juga ada Tumpeng 9 dan 90 hasil bumi, serta prajurit 40an ” tambahnya.
Beliau berharap dengan perayaan dan inovasi – inovasi ini bisa menggeliyatkan perekonomian masyarakat dan pariwisata di Kabupaten Demak tercinta ini.

 

Mahfud/Tim

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.