Sertifikasi AA : Peran Gadik Sangat Penting Dalam Keberhasilan Pendidikan

BuseronlineNews.com // Bandung,- Komandan Sesko TNI Marsdya TNI Arif Widianto, S.A.B., M.Tr.(Han)., CHRMP., membuka acara Pendidikan dan Latihan Applied Approach (AA) Sertifikasi Dosen Sesko TNI TA. 2024 yang bekerjasama dengan Universitas Pasundan Bandung, bertempat di Kelas Besar Adibrata, Sesko TNI, Bandung, Rabu (12/6/2024).

Dansesko TNI dalam sambutannya menyampaikan bahwa Sesko TNI sebagai lembaga pendidikan pengembangan umum tertinggi TNI mempunyai tugas pokok menyelenggarakan Pendidikan Reguler Sesko TNI, yang mana tolak ukur keberhasilan penyelenggaraan pendidikan tersebut akan sangat dipengaruhi oleh kesiapan dari 10 komponen pendidikan yang tersedia di Sesko TNI.

“Dua diantara 10 komponen Pendidikan yang mempunyai peran penting pada keberhasilan penyelenggaraan pendidikan tersebut adalah peran Tenaga Pendidik (Dosen) dan Metode Pendidikan. Hal mana mencermati kondisi saat ini Sesko TNI sedang bertransformasi untuk mengikuti kurikulum sesuai standar KKNI atau Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia”, jelas Komandan Sesko TNI.

Program Diklat AA Sertifikasi Dosen ini merupakan salah satu dari sekian banyak program Spers TNI, dimana Sesko TNI sebagai penerima manfaat sangat bersyukur dapat melaksanakan kegiatan ini untuk peningkatan mutu pedagogic para Dosen Sesko TNI. Program Diklat AA ini diharapkan dapat melatih Dosen dan Patun Sesko TNI untuk memiliki wawasan dalam proses belajar mengajar tentang metode pengembangan pembelajaran profesionalisme dosen yang bermutu, evaluasi dalam pembelajaran, manajemen mutu terpadu, kontruktivisme dalam pembelajaran, paradigma pengembangan kurikulum, penyusunan bahan ajar.

“Kami berharap Universitas Pasundan juga berkenan mengajarkan penulisan artikel ilmiah untuk publikasi internasional, mengingat saat ini Pasis Sesko TNI sedang menyusun tesis atau karya tulis akhir”, pinta Komandan Sesko TNI.

Diakhir sambutannya, Dansesko TNI berharap dengan penyelenggaraan Sertifikasi Dosen ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masing-masing Dosen Sesko TNI khususnya dalam memahami proses penyusunan kurikulum, proses pembelajaran, metode diskusi, serta aplikasinya dalam pengajaran di kelas bagi Pasis Sesko TNI yang sesuai dengan standar di era zaman modern ini.

Disamping itu juga, kegiatan Sertifikasi ini dapat menjadi wahana komunikasi untuk saling tukar informasi yang dapat menambah pengetahuan dan wawasan para Dosen dengan Instruktur dari Universitas Pasundan yang berkualitas dan kaya akan pengalaman mengajar, serta dapat dijadikan pedoman untuk menyamakan persepsi dan interpretasi, agar mampu berpikir strategis, analisis, konstruktif dan konseptual.
Peserta Diklat berjumlah 15 orang terdiri dari para Dosen Sesko TNI.

Kegiatan dihadiri Wadan Sesko TNI Mayjen TNI Budi Eko Mulyono, S.Sos., M.M., Rektor Unpas yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Pembelajaran, Kemahasiswaan, Alumni, Agama dan Budaya Prof. Dr. Cartono, M.Pd., M.T., beserta tim panitia dan para peserta Diklat.

(Penhumas Sesko TNI)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.