Membangun Ketahanan Pangan, Desa Kasturi Genjot Pembangunan Saluran Irigasi

KUNINGAN- Di tengah gempuran modernisasi, Desa Kasturi Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, tak henti-hentinya mengupayakan ketahanan pangan bagi masyarakatnya.

Salah satu langkah konkret yang dilakukan adalah pembangunan Saluran Irigasi Fajri di Dusun Manis, yang masih berlangsung hingga saat ini.

Dibawah kepemimpinan Kepala Desa Edi Kosasih, proyek senilai Rp 216.185.375 ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas infrastruktur irigasi di desa, sehingga menunjang akses air yang lebih mudah dan merata bagi para petani.

Pembangunan saluran Irigasi Fajri dengan panjang volume 150 M2, ditargetkan akan selesai pada tahun anggaran 2024. Pembangunan ini merupakan wujud komitmen Pemdes Kasturi dalam mendukung sektor agrikultur dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Dengan irigasi yang lebih baik, diharapkan hasil panen padi di sawah warga akan meningkat, hal ini tentu saja akan berimbas pada peningkatan pendapatan dan taraf hidup para petani.”
ujar Kades Edi, saat ditemui media ini di lokasi pekerjaan. Rabu (12/6/2024).

Lebih lanjut, Edi Kosasih juga menjelaskan bahwa pembangunan irigasi ini merupakan salah satu program prioritas desa yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes).

“Pembangunan ini sejalan dengan visi dan misi desa untuk mewujudkan Desa Kasturi yang maju, mandiri, dan sejahtera,” imbuhnya.

Di samping manfaat ekonomi, pembangunan irigasi ini juga diharapkan dapat memperkuat rasa gotong royong dan kebersamaan antar warga.

” Pembangunan ini tidak hanya dikerjakan oleh pihak desa, tapi juga melibatkan partisipasi aktif dari masyarakat, dengan semangat gotong royong kita bersama-sama membangun desa dan mewujudkan cita-cita bersama.” tutur nya.

Antusiasme dan dukungan dari masyarakat desa terlihat jelas dalam proses pembangunan irigasi ini. Para warga bahu-membahu membantu, mulai dari penggalian tanah hingga pemasangan saluran tembok irigasi.

“Kami sangat senang dan mendukung pembangunan irigasi ini, Semoga dengan irigasi baru ini, hasil panen padi kami akan semakin berlimpah.” ungkap salah satu warga kasturi.

Pembangunan Saluran Irigasi Fajri merupakan salah satu contoh nyata komitmen dan kerja keras Pemdes Kasturi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dengan infrastruktur irigasi yang memadai, diharapkan desa ini dapat terus berkembang dan menjadi lumbung pangan yang tangguh dan berkelanjutan.(Guntur)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.