Program “SI-DARJA” DPUTR Pati Tingkatkan Kualitas Pembangunan

BuseronlineNews.com // PATI – Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati meluncurkan program “SI DARJA” Sistem Informasi Data Barang Jasa dalam publikasi di Ruang Anggrek kantor DPUTR Kabupaten Pati, Selasa (11/6/2024).

Program “SI DARJA” yang dirancang oleh Sekretaris DPUTR Kabupaten Pati, Kristina Inti Retnoningrum, ST, MM ini adalah sebuah inovasi sistem informasi untuk meningkatkan kualitas pembangunan di Kabupaten Pati.

Di jelaskan Kristina selalu project leader, “SI-DARJA” ini dilatar-belakangi oleh belum optimalnya rekapitulasi data pengadaan barang jasa pada DPUTR Kabupaten Pati. Sehingga menjadikan ide/gagasan penyelesaian masalah isu strategis dalam upaya Rancangan Aksi Perubahan Kinerja Organisasi dengan suatu gagasan inovasi sebagai penerapan manajemen perubahan melalui strategi yang mendukung pemenuhan rekapitulasi data pengadaan barang jasa melalui pemanfaatan data dan teknologi informasi yang didukung kepemimpinan organisasi digital.

Adapun maksud dan tujuannya, terang Kristina bahwa melalui penerapan aplikasi Sistem InformasiData Barang Jasa (SI DARJA) maka pelaksanaan rekapitulasi pengadaan barang jasa tidak lagi dilakukan secara manual, melainkan dengan menggunakan digitalisasi. Selain itu, lebih efektif dan efisien serta memudahkan permintaan data pada saat pemeriksaan di akhir tahun anggaran.Lahirnya SI-DARJA ini sendiri, tutur Kristina, setelah melalui konsultasi dan mendapat dukungan dari Pj Bupati, Ketua DPRD, Sekda, Plt Kepala DPUTR selaku mentornya, Kepala Diskominfo, Inspektur Daerah dan Kepala BPKAD Kabupaten Pati. Selanjutnya dilakukan pembentukan tim efektif, berkoordinasi dengan stakeholder terkait. Selanjutnya membuat aplikasi SI-DARJA dengan melibatkan programer, menyusun SOP aplikasi dan mensosialisasikan penggunaannya.

“Juga ada bimbingan teknis dan ujicoba aplikasi, serta implementasi aplikasi SI-DARJA,” beber Kristina.

Adapun data yang diinput ke dalam aplikasi, antara lain nama paket kegiatan, pagu dan sumber dana, pelaksana (nama penyedia jasa), SPMK (nomor, tanggal), kontrak (nomor, tanggal dan nilai), addendum (nomor, tanggal dan nilai), jangka waktu kontrak (lama, tanggal mulai dan tanggal selesai).

Data lain yang diinput yakni bast (nomor, tanggal), realisasi fisik (dalam %), realisasi pembayaran (jumlah, % terhadap pagu dan % terhadap kontrak /add), jenis belanja (modal/ pemeliharaan), PPKom dan Pengawas Lapangan, serta gambar kegiatan (0% dan 100%).

Aplikasi “SI-DARJA” merupakan ide Kristina Inti Retnoningrum setelah dirinya selesai mengikuti diklat kepemimpinan. Secara resmi kemarin sudah dilakukan launching oleh Pj Bupati Pati di Ruang Pragola Setda Kabupaten Pati didampingi Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang pada Senin (10/6/2024).

(hery).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.