Pelatihan ” Kang Jalal ” Tukang Jagal Halal Kabupaten Demak

Demak- Hari ini Sabtu, 08 Juni 2024 telah dilaksanakan pelatihan tukang jagal halal, yang disingkat ” Kang Jalal ” se Kabupaten Demak yang diadakan di Grahadika Bina Praja Kabupaten Demak.

Pelatihan ini dilaksanakan oleh pengurus tukang jagal halal Kabupaten, bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak, Kemenag Demak, Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Demak dan dihadiri sekitar 80 peserta yang terdiri dari perwakilan para kyai, santri, pelajar di Kabupaten Demak. Bahkan juga ada peserta dari Kabupaten Kudus, Jepara serta Semarang.

Ketua ” Jalal ” Jawa Tengah Bp. M. Sholihin mengatakan, bahwa ” Tujuan dilaksanakannya pelatihan tukang jagal ini adalah dapat memastikannya proses penyembelihan hewan ini harus halal. Artinya proses penyembelihannya harus sesuai syariah Islam, seperti contoh dalam penyembelihan pastikan saluran pernafasan dan makanan atau juga saluran darahnya harus putus, sehingga bisa mempercepat kematian hewan tersebut. Semua ini harus dipastikan agar menambah sempurnanya kehalalan dalam penyembelihan ” jelasnya.
Beliau juga menjelaskan manfaat dari pelatihan ini sangat besar, kalau diprosentasikan mencapai 90 % keberhasilan pelatihan ini ” tambahnya.

Sementara itu, ketua Santri Gayeng Nusantara Kabupaten Demak, Bp. Agus Ahmad Hanif menguraikan ” Pelatihan ini meliputi tiga materi yaitu materi teori fiqihnya, materi teori penyembelihannya dan materi prakteknya ” jelasnya.
Juga di terangkan mulai proses awal penyembelihannya sampai setelah atau paska penyembelihan di uraikan secara detail dalam pelatihan ini “. Tambahnya
Sehingga dalam proses penyembelihan, tidak hanya halal tetapi juga thoyyiban dan juga dari peserta pelatihan ini bisa mendapatkan sertifikat sebagai tukang jagal yang terakui dan terakreditasi ” tambahnya.

Mahfud  / Tim

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.