Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia PLTU Pangkalan SusuTanam Pohon Cemara Udang 250 Pohon

Langkat, Buseonlinenews.com – Dalam upaya mendukung kelestarian lingkungan sekitar pembangkit listrik dan sekaligus memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Unit Usaha Pemeliharaan (UBH) PT PLN Indonesia Power bekerjasama dengan Unit Usaha Pembangkitan (UBP) Pangkalan Susu. melaksanakan penanaman pohon cemara udang di area CWP (Pompa Air Sirkulasi) unit 1-4, Jumat 07/06/2024. Kegiatan ini juga bertepatan dengan selesainya proses perombakan SE PNS Unit 4.

Acara ini dihadiri oleh sejumlah pimpinan, pejabat UBH, PNS UBP, perwakilan Pemerintah Kabupaten, serta Masyarakat Setempat. Penanaman pohon Cemara Udang dipilih karena selain memiliki daya serap karbon yang tinggi, pohon jenis ini juga dikenal tahan terhadap kondisi lingkungan pesisir sehingga cocok ditanam di kawasan CWP.

Dalam sambutannya, Manajer Area I.1 UBH, Raska Permana mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan merupakan bukti komitmen PLTU Pangkalan Susu dalam menjaga lingkungan sekitar.

“Kami sangat bangga dapat berhasil menyelesaikan perombakan SE PNS Unit 4 dan memanfaatkan momentum ini untuk memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan. Penanaman pohon Cemara Udang ini merupakan bagian dari komitmen kami dalam menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar operasi kami,” kata Raska.

Acara diawali dengan pidato singkat memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diikuti oleh seluruh peserta. Dalam perayaan tersebut disampaikan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan tanggung jawab bersama dalam mengurangi dampak perubahan iklim. Usai penyampaian selamat datang, kegiatan dilanjutkan dengan penanaman pohon secara simbolis oleh seluruh pejabat dan tamu undangan.

Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan tutupan hijau di kawasan CWP 1-4, namun juga untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan di kalangan petugas dan masyarakat sekitar.

“Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi semua pihak untuk terus berkontribusi dalam menjaga lingkungan,” pinta Raska Permana.

Penanaman 250 pohon cemara udang ini merupakan bagian dari mendukung pelestarian lingkungan dan penguatan Ekosistem setempat. Harapannya penanaman pohon tersebut dapat meningkatkan penyerapan Karbon dan Ekosistem darat.

“Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dan mendukung kegiatan ini. Semoga dengan langkah kecil ini kita dapat menciptakan perubahan besar bagi kelestarian lingkungan di masa depan,” pungkas Raska Permana selaku pengelola kawasan I.1 Unit Usaha Konservasi.

( Parlan – Lkt )

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.