Bupati Demak Bersama Dinas Pertanian, Memberikan Bantuan Mesin Pemanen untuk petani

Demak- Bupati Demak Ibu dr. Hj. Eistianah, SE menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) berupa mesin pemotong padi atau combine harvester dan mesin traktor kepada 30 kelompok tani di Kabupaten Demak.

Dalam sambutannya Ibu Bupati menyampaikan bahwa “Bantuan alsintan tersebut bersumber dari APBD Demak, sebagai bentuk perhatian dan keseriusan Pemkab Demak terhadap petani agar produktivitas mereka meningkat ” jelasnya.
Adapun penyerahan bantuan mesin pemotong padi dan mesin traktor secara simbolis berada di aula kantor Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak pada hari ini Kamis, 6 Juni 2024.

Beliau berharap nantinya produktivitas tanaman padi di Kabupaten Demak bisa kembali menempati peringkat ketahanan pangan seperti sebelumnya pada urutan ketiga karena aktivitas petani didukung alat pertanian modern.

“Untuk saat ini, Demak hanya menduduki peringkat empat. Mudah-mudahan adanya bantuan Alsintan ini bisa menjadi penyemangat para petani untuk bertani lebih maksimal,” tambahnya.

Ia mengakui saat ini banyak lahan pertanian beralih fungsi, baik karena adanya perusahaan baru maupun pertambahan jumlah penduduk yang membutuhkan lahan tempat tinggal sehingga lahan pertanian semakin berkurang.

“Kami masih berupaya mencari cara agar tingkat kesejahteraan petani di Demak bisa meningkat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak Agus Herawan mengingatkan kelompok tani yang mendapatkan bantuan alat pemotong padi maupun traktor agar dijaga dan dirawat dengan baik.

“Kalaupun mau disewakan, dikelola dengan baik agar bisa digunakan untuk biaya perawatan. Syukur bisa digunakan untuk membeli satu unit mesin lagi,” ujarnya.

Sebanyak 30 kelompok tani tersebut, kata dia, berasal dari 11 kecamatan dari 14 kecamatan yang ada di Demak. Sedangkan petani dari tiga kecamatan lain sebelumnya sudah menerima bantuan serupa.

“Mudah-mudahan bantuan 30 unit alsintan, berupa dua unit mesin pemotong padi, tiga unit mesin traktor roda empat, dan 25 unit traktor roda dua ini bisa meningkatkan produktivitas petani. Kami juga menyampaikan terima kasih kepada petani yang tetap menanam padi,” ujarnya.

Stok pangan di Kabupaten Demak, kata dia, memang melimpah, tetapi Kabupaten Demak juga menjadi penyangga pangan tingkat jateng maupun nasional.

Ketua Kelompok Tani Tulodo Makaryo Sasmito menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Demak, karena bantuan mesin permanen ini sangat dibutuhkan petani.

“Apalagi, luas lahan sawah yang dimiliki kelompok kami totalnya mencapai 40 hektare,” ujarnya.

Mahfud/Tim

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.