Desa Tajungsari Tlogowungu Bersiap Menjadi Desa Wisata

Ka Dinporapar Rekso Suhartono

PATI – Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Pati hari ini melakukan penilaian desa wisata di Desa Tajungsari Kecamatan Tlogowungu, Rabu (5/6/2024).

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Pati Rekso Suhartono kepada awak media mengatakan, ” Hari ini dari Dinporapar Pati melakukan penilaian desa wisata di Desa Tajungsari Kecamatan Tlogowungu. Dari dua puluh empat desa calon desa wisata, tetapi yang dinilai hanya enam desa karena dari dua belas indikator dari dua puluh empat desa yang siap baru enam desa.

Enam desa tersebut yakni Kauman Kecamatan Juwana, Sukolilo Kecamatan Sukolilo, Soneyan Kecamatan Margoyoso, Gunungsari Kecamatan Tlogowungu, serta Tajungsari Kenduruan Tlogowungu, ” sebut Rekso.

Tujuan dari penilaian tersebut, jelas Rekso, adalah mengali potensi-potensi yang ada di desa tersebut. Dari itu bisa dikembangkan untuk menjadikan pendapatan-pendapatan asli desa.

Untuk penilaian desa wisata, lanjutnya, setelah dinilai ada dua belas indikator yang harus dinilai oleh tim penilai dari Dispermades, DPUTR, BPBD, Akademisi, dan Praktisi meliputi beberapa klasifikasi desa rintisan, desa berkembang atau desa maju.

Kemudian dari penilaian itu, diajukan untuk mendapatkan SK dari Bupati Pati. Setelah tingkat kabupaten dinilai, nilai tertinggi dari enam desa tersebut ditetapkan, kalau ada lomba ditingkat propinsi ataupun nasional diajukan, imbuhnya.

Sementara itu Kepala Desa (Kades) Tajungsari Zeky Hasanamali menyampaikan bahwa kedatangan Dinporapar bersama tim penilai ini adalah untuk melakukan penilaian desa wisata di enam desa yang siap salah satunya Desa Tajungsari ini.

Disampaikan Zaky, Desa Tajungsari ada beberapa destinasi wisata yang menonjol adalah Punden Nyi Ageng Kenduruan beserta taman yang luar biasa sejuk, dan ada cafe dibawah bagi wisatawan yang ingin ngopi serta menikmati hidangan.

Selain itu ada refting susur sungai disiapkan paketnya. Yang utama ada air terjun tretes yang baru dibenahi, bulan depan sudah clear semua bisa di buka klipnya ada tiga lokasi yang harganya terjangkau, di buka bulan July, ” terangnya.

“Mohon doa restunya pada semua masyarakat desa Tajungsari agar Tajungsari bisa mendapatkan PADes dari destinasi wisata yang dikembangkan oleh Pokdawis dan Karangtaruna.

Kami berharap masyarakat supaya bisa mendukung kegiatan yang ada di Tajungsari ini terutama bagi lingkungan yang disekitar destinasi wisata nanti UMKM ditingkatkan lagi karena Tajungsari banyak sekali potensi terutama di perkebunan kopi dan pengolahan kopi, ” pungkasnya. (hery).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.