Wadan Lantamal I Hadiri Launching Asuransi Nelayan dan Program Nelayan Membangun Sumatera Utara Hebat

BuseronlineNews.com // TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal I) Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E., CHRMP., diwakili Wadan Lantamal Kolonel Laut (P) Siswo Widodo, S.T., menghadiri acara Launching Asuransi Nelayan dan Program Nelayan Membangun Sumatera Utara Hebat (NEMBUSH), bertempat di Aula Raja Inal Kantor Gubernur Sumut, Senin (03/6/2024).

Dalam sambutannya, Pj. Gubernur Sumut Hassanudin menyampaikan bahwa latar belakang terciptanya program ini salah satunya yang saya harap juga yakni bisa meningkatkan kesejahteraan nelayan dan pelaku usaha perikanan yang mata pencahariannya berada di kawasan pesisir, profesi nelayan memiliki potensi besar bagi Sumut sekaligus resiko yang besar bagi dirinya sendiri. Resiko nelayan itu besar dan beragam, mulai dari kecelakaan kerja, meninggal dunia, dan cacat berpotensi.

Asuransi ini merupakan program dari Pemprov Sumut bekerjasama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Pemberian asuransi ini merupakan amanat dari Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2016 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan, Pembudidaya Ikan dan Petambak Garam guna meningkatkan kualitas hidup manusia. Profesi sebagai nelayan tidaklah mudah, mereka harus menghadapi tantangan besar setiap harinya di lautan, menghadapi cuaca ekstrim, ombak besar, bahkan kecelakaan yang tidak dapat dihindari. Oleh karena itu, keberadaan asuransi bagi para nelayan merupakan suatu keharusan yang tak terbantahkan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kadis KKP Provinsi Sumut Hamdan Sukri Siregar, Kadis Perkebunan dan Perternakan Provinsi Sumut Zakir Syarif Daulay, Kadinaker Provinsi Sumut Dr. Asren Nasution, mewakili BPJS Ketenagakerjaan, HNSI Sumut, HNSI Kab/Kota dan undangan lainnya.

(Dispen Lantamal I)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.