Tim SFQR Lanal Banjarmasin Gerak Cepat Beri Pertolongan Kapal Yang Alami Kebocoran di Sungai Barito

banner 468x60

BuseronlineNews.com // TNI AL, Banjarmasin,- Sebuah Kapal TB. MBS 05 GT. 31 mengalami kebocoran di Sungai Barito Banjarmasin hingga menyebabkan kapal tenggelam. Insiden tersebut terjadi pada Kamis malam 28 Desember 2023.

Kejadian berawal sekitar pukul 19.30 WITA, Pos Binpotmar Trisakti mendapatkan informasi dari radio bahwa telah terjadi kecelakaan laut kapal tenggelam TB. MBS 05 dengan Nahkoda Sabriansya dari dok Kodja Bahari Banjarmasin tujuan Pelabuhan Basiri Sungai Martapura. Menindaklanjuti informasi tersebut, Komandan Pos Binpotmar Trisakti Letda Laut (T) Hadi Suprayitno memerintahkan prajuritnya aksi cepat menuju lokasi kejadian untuk memberikan pertolongan.

Setibanya di lokasi serta memastikan tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, Tim SFQR Lanal Banjarmasin menghimpun data kronologi kejadian. Diketahui bahwa saat kapal melintas di Dermaga Martapura Baru, ABK TB. MBS 05 Saudara Roby memeriksa kamar mesin, terjadi kebocoran dan sudah terisi dengan air. Karena keterbatasan alat penanggulangan, Nakhoda memutuskan melaksanakan peran peninggalan menggunakan swimvest dengan lokasi terakhir pada posisi 03° 33’ 73” LS – 114° 05’ 51” BT.

Untuk keselamatan bernavigasi, Tim SFQR Lanal Banjarmasin memasang tanda sementara pada lokasi kejadian serta melaksanakan koordinasi dengan KSOP Banjarmasin dan Polair terkait keselamatan pelayaran.

Kabid Keselamatan Berlayar dari Pihak KSOP Banjarmasin Bapak Gemas memberikan himbauan terhadap kapal-kapal yang berlayar agar waspada saat melintas mendekati area tersebut, serta dalam waktu dekat akan segera dipasang rambu navigasi.

(Pen Lanal Banjarmasin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.