Pemeliharaan Rutin Jalan Di UPTD PJJ Wilayah Pelayanan V Terlaksana Dengan Baik

banner 468x60

Tasikmalaya- Salah satu tugas dan fungsi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat adalah melakukan pemeliharaan jalan. Pemeliharaan Jalan merupakan kegiatan yang berkaitan dengan perawatan dan perbaikan jalan yang diperlukan dan direncanakan untuk mempertahankan kondisi jalan agar tetap berfungsi secara optimal melayani lalu lintas selama umur rencana jalan yang ditetapkan. Demikian dikatakan Ridwan kordinator pemeliharaan Unit Pelayanan Teknis Dinas Pengelolaan Jalan dan Jembatan ( UPTD PJJ) Wilayah V Jawa Barat.

Menurutnya, pekerjaan pemeliharaan konstruksi jalan merupakan pekerjaan yang penting untuk dilaksanakan karena konstruksi jalan merupakan investasi modal yang besar, sehingga apabila pelaksanaaannya diabaikan akan membutuhkan biaya rekonstruksi yang sangat mahal untuk bisa mempertahankan performance standard (perbaikan ke standar kondisi yang layak).

Pemeliharaan jalan bukan hal yang mudah. Pekerjaan ini juga memerlukan deteksi, analisa, serta hal lain untuk perbaikan yang cepat atau sedini mungkin untuk mencegah kerusakan parah.

Secara umum, pemeliharaan jalan adalah untuk mempertahankan kondisi jalan agar tetap berfungsi dalam melayani lalu lintas sehingga keselamatan lalu lintas terjamin dan pelayanan jalan meningkat.

Artinya kecelakaan yang diakibatkan oleh konsidi jalan yang buruk dapat ditekan seminimal mungkin dan karena kondisi jalan yang baik para pengguna jalan akan menikmati kenyamanan selama perjalanannya.

Selain itu, pemeliharaan jalan akan memperkecil biaya operasi. Biaya tersebut tergantung pada jenis kendaraan, geometric, dan kondisi jalan. Apabila jalan dalam kondisi baik maka Biaya Operasi Kendaraan (BOK) tidak meningkat, sedangkan yang sangat berkepentingan dengan BOK adalah para pengguna jalan.

“Khusus untuk Unit Pelayanan Teknis Dinas Pengelolaan Jalan dan Jembatan ( UPTD PJJ) Wilayah V yang wilayah kerjanya Kabupaten Pangandaran, Ciamis, Tasikmalaya, Kuningan, Kota Tasikmalaya dan Kota Banjar, sudah selesai dikerjakan terakhir di tanggal 27 Desember 2023. Walaupun biaya pemeliharaan biayanya relatif kecil apabila dibandingkan dengan Balai lain, kami melaksanakan dengan sesuai progres, baik biaya maupun limit waktunya dan pengguna jalan dapat menikmati” Sahutnya.

S. Tumangger/Damas.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.