Program Susur Sungai Musi, Kolaborasi Lanal Palembang Bersama Bank Indonesia Jangkau Masyarakat Pesisir

BuseronlineNews.com // TNI AL, Palembang,- Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Palembang berkolaborasi dengan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Sumatera Selatan melaksanakan giat susur Sungai Musi Etape III dengan mengusung tema “Cinta Bangga Paham Rupiah” sebagai bentuk sinergi antar lembaga yang ada di Provinsi Sumatera Selatan, Sabtu (18/11/2023).

Dalam pembukaan kegiatan tersebut, hadir Danlanal Palembang Kolonel Laut (P) Sandy Kurniawan, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti, Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan Sumsel Ricky Perdana Gozali, Pj. Walikota Palembang diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Sosial dan Kemasyarakatan Hj. Zanariah, S.IP., M.Si., Pj. Bupati Banyuasin diwakili Sekda Banyuasin Ir. Erwin Ibrahim, S.T., M.M., MBA., dan Dir Polairud Polda Sumsel diwakili Kasubdit Patroli AKBP Budi Santoso, S.Sos.

Dalam sambutannya, Danlanal Palembang Kolonel Laut (P) Sandy Kurniawan menjelaskan bahwa tema cinta bangga paham rupiah merupakan cerminan pentingnya pemahaman masyarakat terhadap nilai mata uang rupiah sebagai cermin kekuatan ekonomi bangsa.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan jangkauan layanan penukaran uang rupiah kepada masyarakat di pulau terluar, terdepan dan terpencil demi memberikan layanan terbaik kepada masyarakat untuk menukarkan uang rupiah yang layak edar,” ucapnya.

Lebih lanjut, Danlanal Palembang menjelaskan bahwa sepanjang Tahun 2023 kegiatan Susur Sungai Musi yang dilaksanakan sudah memasuki Etape Ketiga dengan tujuan Desa Pulau Borang, Kecamatan Banyuasin 1, Kabupaten Banyuasin dan Desa Muara Kumbang, Kecamatan Kandis, Kabupaten Ogan Ilir. Sedangkan setiap etape Susur Sungai Musi selalu ditempat berbeda.

“Kegiatan Susur Sungai Musi ini sudah memasuki Etape Tiga, dimana Etape Pertama sudah kita laksanakan pada tanggal 24 Februari 2023 di wilayah Pos Binpotmar Upang dan Sungsang. Berlanjut pada Etape Dua dilaksanakan tanggal 1 April 2023 di wilayah Pos Binpotmar Gasing dan Pos Binpotmar Bunga Tanjung,” jelasnya.

Sementara itu, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti juga menuturkan hal senada, menurutnya kegiatan Susur Sungai Musi ini merupakan langkah positif Bank Indonesia untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang ada di Pesisir Sungai Musi.

“Ini merupakan program dari Bank Indonesia untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang ada di Pesisir Sungai Musi, selain itu kita juga akan mengenalkan QRIS sebagai metode pembayaran berbasis digital,” ungkapnya.

Pada kegiatan Susur Sungai Musi kali ini, Lanal Palembang menggunakan Kapal Patroli Keamanan Laut (Patkamla) Sungai Musi untuk mencapai lokasi-lokasi yang menjadi daerah sasaran sosialisasi Bank Indonesia.

(Pen Lanal Palembang)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.