Panglima TNI Bersama Forkopimda Sumatera Utara dan Kota Medan Lepas Tim The Rising Tide A Resonance 2023

BuseronlineNews.com // TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) I Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo bersama Forkopimda Sumatera Utara dan Kota Medan, mengikuti acara pelepasan secara resmi tim pembawa pesan The Rising Tide A Resonance 2023 yang dipimpin oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, bertempat di Lapangan Benteng, Jalan Pengadilan Medan, Sumatera Utara, Sabtu (9/9/2023).

Adapun pelaksana kegiatan tersebut adalah Tim Pembawa Pesan yang dipimpin oleh Muryansyah dari Parahita Mulung dan didampingi 6 orang prajurit TNI AD, TNI AL dan TNI AU, sebelumnya telah melalui etape satu dari Sabang menuju Medan dan mengkampanyekan “Stop Wariskan Sampah” kepada setiap masyarakat dimana setiap lokasi yang dituju didalam perjalanan. Dengan cara ini diharapkan akan terjadi perubahan mindset dimasyarakat untuk terbiasa melakukan hal-hal praktis dalam kehidupan sehari-hari, mulai dengan upaya cermat memilih kemasan, memilah sampah dari rumah, dan mulai mengelola sampah guna menjaga kelestarian lingkungan.

Tim ini akan mengakhiri perjalanan Quadrathlon (Sky Diving, Bersepeda, Berenang dan Marathon) Sabang-Jakarta sejauh 3.141 kilometer dengan waktu tempuh 35 hari mulai 2 September-5 Oktober 2023 yang bertepatan HUT ke-78 TNI. Adapun rute perjalanan dari Medan menuju Padang adalah mereka terlebih dahulu singgah ke Taman Alam Lumbini Kabupaten Karo, kemudian ke Bukit Indah Simarjarunjung dan Wisma Bahari di Kabupaten Simalungun dengan bersepeda. Kemudian melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Ajibata di Kabupaten Samosir yang ditempuh dengan berenang melintasi Perairan Danau Toba sejauh 8.751 meter. Dari Pelabuhan Ajibata, Tim kembali bersepeda menuju Menara Pandang Tele di Kabupaten Humbang Hasundutan. Kemudian ke Tarutung General Hospital di Kabupaten Tapanuli Utara hingga ke Pangkalan TNI AL di Sibolga. Kemudian dari Sibolga, perjalanan dilanjutkan menuju Makorem 032/Wirabraja di Kota Padang Sumatera Barat juga ditempuh dengan bersepeda, setelah melintasi beberapa pit stop.

Dalam acara ini juga digelar dialog kebangsaan bersama 5.000 mahasiswa, pelajar dan pramuka dengan tajuk “Generasi Muda Berwawasan Lingkungan Untuk Indonesia Emas”. Dalam dialog ini, Panglima TNI tampil sebagai narasumber dengan moderator Risky Mahendra. Acara ini juga sekaligus dalam rangka menyambut HUT TNI Ke-78 Tahun 2023.

Dalam sambutannya, Panglima TNI menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan adalah sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan sampah yang tidak saja dialami Indonesia dan kota-kota besar lain di tanah air tetapi juga dunia, masalah sampah tidak bisa dikerjakan satu atau dua belah pihak, tetapi harus bersama-sama oleh semua pihak baik TNI, Polri, seluruh instansi dan masyarakat.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wadan Lantamal I, Asops Danlantamal I, Asintel Danlantamal I, Aspotmar Danlantamal I.

(Dispen Lantamal I)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.