KRI Cut Nyak Dien-375 Dukung Tim Kas Keliling Kepulauan 3T Ekspedisi Rupiah Berdaulat Tahun 2023 di Wilayah Aceh

BuseronlineNews.com // TNI AL, Sabang,- Prajurit Lanal Sabang melepas Tim Kas Keliling Kepulauan 3T (Terdepan, Terluar, dan Terpencil) Ekspedisi Rupiah Berdaulat Tahun 2023 yang didukung oleh KRI Cut Nyak Dien-375, bertempat di Dermaga Lanal Sabang, Sabtu (9/9/2023).

Kegiatan Ekspedisi Rupiah Berdaulat ini merupakan kerjasama antara Bank Indonesia dengan TNI Angkatan Laut. Dalam pelaksanaan tugas pengedaran uang Rupiah, Bank Indonesia menghadapi tantangan yang tidak ringan karena kondisi geografis NKRI yang memiliki ribuan pulau, berbatasan dengan 11 negara tetangga yang memiliki perbedaan mata uang dan masih terbatasnya infrastruktur terutama di wilayah Terdepan, Terluar, dan Terpencil (3T). Oleh karena itu, Bank Indonesia membutuhkan kerjasama dengan berbagai pihak, khususnya TNI AL yang memiliki armada yang sangat kuat dan operasi rutin dalam menjangkau wilayah Sabang sampai Merauke dan Pulau Miangas hingga Pulau Rote.

Pada kesempatan tersebut, Komandan Lanal Sabang Letkol Laut (P) Son Haji Hariyoko, M.Tr.Hanla., M.M., membacakan sambutan Asisten Operasi (Asops) Kasal Laksda TNI DR. Denih Hendrata, S.E., M.M., CHRMP., menyampaikan bahwa kegiatan yang kita selenggarakan hari ini merupakan tindak lanjut dari Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerjasama antara Bank Indonesia dengan TNI Angkatan Laut tentang Pendistribusian, Pengamanan dan Pengawalan Uang Rupiah antar Kantor Bank Indonesia maupun ke lokasi yang ditetapkan serta ke Wilayah 3T yaitu Terdepan, Terluar dan Terpencil.
Diharapkan melalui kegiatan ini, dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat wilayah 3T untuk mendapatkan uang yang layak edar.

Lebih lanjut disampaikan bahwa dalam mensukseskan Ekspedisi Rupiah Berdaulat Tahun 2023 di wilayah Provinsi Aceh, TNI Angkatan Laut menggunakan KRI Cut Nyak Dien-375. Ekspedisi akan menempuh rute pelayaran dari Sabang menuju Pulau Weh, Pulau Nasi, Pulau Banyak, Pulau Simeuleu, Pulau Breuh dan kembali ke Sabang dengan total jarak tempuh mencapai 657 NM.

“Atas Nama TNI Angkatan Laut, saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bank Indonesia karena dengan berlanjut dan meningkatnya kegiatan ini dari tahun ke tahun kita dapat bersama-sama hadir untuk menjaga kedaulatan Negara, dan mendukung pemerataan pembangunan Nasional di seluruh wilayah NKRI,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan Pemberian Plakat dari Bank Indonesia kepada Pj. Walikota Sabang dan Danlanal Sabang, dilanjutkan Pemberian Cinderamata kepada Sopsal TNI AL, Simbolis Penyerahan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) kepada SMAN 1 Sabang dan Adat Laot Pasiran, Penyematan Rompi kepada Perwakilan Tim Ekspedisi Rupiah Berdaulat, Kunjungan ke KRI CND-375, diakhiri dengan foto bersama.

Hadir dalam kegiatan, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh Rony Widijarto Purubaskoro, Pj. Walikota Sabang Drs. Reza Fahlevi, M.Si., Asisten Direktur Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Kuat Wijayanto, Aslog Guskamla Koarmada I Letkol Laut (T) Teguh Prasetyo, Komandan Lanal Sabang Letkol Laut (P) Son Haji Hariyoko, M.Tr.Hanla, M.M., Komandan KRI CND-375 Letkol Laut (P) Arry Hendrawan, M.Tr.Opsla., Pabandya Binkamla Sopsal Letkol Laut (P) I Gede Eka Sukarma, Unsur Forkopimda Sabang, Rombongan Tim Bank Indonesia (BI), Perwira, Bintara dan Tamtama Lanal Sabang.

(Pen Lanal Sabang)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.