Kades Cijedil Sesalkan Pemberitaan di Sebuah Media Onlline, Soal Bantuan Stimulan Gempa

Buseronlinenews.com, Cianjur – Kepala Desa Cijedil Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur, Pudin, pihaknya mengaku merasa di fitnah dan di rugikan dengan pemberitaan di sebuah media online yang diduga dilakukan oleh oknum wartawan.

Isi muatan dalam berita media online tersebut, dinilai mengada-ada. Dan oknum tersebut, telah menyajikan pemberitaan yang sepihak atau tidak balance, bermuatan fitnah, memojokan, memvonis, provokatif dan sangat tidak profesional.

” Berita tersebut, berjudul, Pembangunan Rumah Stimulan di Desa Cijedil dinilai Fiktif.
Isi dalam pemberitaannya bermuatan fitnah dan menuding seolah pihak desa ikut bermain karena telah meloloskan bantuan stimulan gempa terhadap rumah yang tidak memiliki kriteria untuk mendapatkan bantuan.
Padahal, semua bantuan stimulan pembangunan rumah yang diberikan terhadap korban gempa, itu ada tahapan-tahapannya dan dilakukan survei terlebih dahulu oleh pihak-pihak terkait. Baik dari pihak TNI, Satgas penanggulangan bencana dan lain-lain,” tukas Kades Cijedil yang akrab di sapa Bang Dino, Sabtu, ( 09/09/2023 ).

Selain itu, jelas Bang Dino, oknum wartawan tersebut pernah menghubunginya via telepon seluler dan diajak cross check langsung ke lapangan agar informasi yang dia peroleh menjadi terang benderang.

” Idealnya, kan sebelum menayangkan pemberitaan, harusnya cross check terlebih dan konfirmasi terhadap para pihak terkait. Agar berita yang Ia sajikan tidak merugikan seseorang atau pihak lembaga pemerintahan desa dan dinas terkait lainnya,” sesalnya.

Menanggapi hal itu, anggota 234 SC PC Cugenang, Sesep Saepul Hidayat, pihaknya juga merasa prihatin dengan adanya pemberitaan tersebut.

” Sejatinya, ada kaidah-kaidah jurnalistik yang harus di patuhi. Pasalnya, wartawan, sebelum menyajikan sebuah pemberitaan, wajib mencari kebenaran informasi yang diperoleh,” tegasnya.

Sementara itu, pihak media online tersebut, sampai berita ini ditayangkan belum berhasil dihubungi.

A dudin

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.