Jelang HUT TNI Angkatan Laut Ke-78, Lanal Bintan Ziarah di Taman Makam Pahlawan

BuseronlineNews.com // TNI AL, Bintan – Komandan Lanal Bintan, Letkol Laut (P) Gita Muharam, M.Sc., didampingi Ketua Cabang 5 Korcab IV DJA I Ny. Tika Gita Muharam dan diikuti oleh Prajurit Lanal Bintan (Perwira, Bintara, Tamtama dan ASN Lanal Bintan) melaksanakan Ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Dwikora Tanjung Uban. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT TNI Angkatan Laut yang Ke-78 Tahun 2023, Jum’at, (08/019/2023).

Danlanal Bintan Letkol Laut (P) Gita Muharam, M.Sc., menuturkan bahwa kegiatan ziarah nasional memiliki arti yang sangat penting sebagai penghormatan kepada para pahlawan yang telah mendarma baktikan jiwa raganya demi bangsa dan negara juga sebagai bukti kebesaran jiwa bangsa Indonesia. “Bentuk penghormatan ini tidak akan pernah lepas dari hati sanubari putra putri penerus bangsa, untuk senantiasa menghormati dan menghargai serta mengenang jasa-jasa para Pahlawan Kusuma Bangsa yang telah mendahului”. Kita sebagai penerus Prajurit Bala Bakti Yudha, perjuangan para pahlawan kusuma bangsa, harus bisa mengaplikasikan dalam wujud pelaksanaan tugas dan fungsi dengan semangat persatuan dan semangat demi kejayaan di laut pungkas,” Danlanal Bintan.

Prosesi ziarah ini diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan dilanjutkan mengheningkan cipta dan peletakan karangan bunga oleh Danlanal Bintan Letkol Laut (P) Gita Muharam, M.Sc., dilanjutkan pembacaan doa dan penghormatan akhir kepada arwah pahlawan dan ditutup dengan tabur bunga yang dipimpin Inspektur Upacara didampingi Ketua Cabang 5 Korcab IV DJA I Ny. Tika Gita Muharam beserta Pengurus dan diikuti peserta upacara.

Sejarah berdirinya TNI Angkatan Laut, dalam Perjalanan Sejarahnya, TNI Angkatan Laut selalu mengibarkan bendera kewajiban dalam menjaga kedaulatan NKRI, sejalan dengan tantangan zaman. Berjuang dengan kapal kayu dan menjadi Angkatan Laut Gunung pada masa perang kemerdekaan, menegakkan keutuhan NKRI dari disintegrasi pada masa konsolidasi, berada digaris depan pada masa konfrontasi, manunggal dengan rakyat pada masa pembangunan dan diera milenial ini, TNI Angkatan Laut senantiasa berkarya dan bersinergi mewujudkan Jalesveva Jayamahe untuk kejayaan Indonesia.

(Pen lanal Bintan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.