Rayakan HUT Ke-78 TNI Angkatan Laut, Lanal TBA Gelar Program Kali Bersih Dukung Pemerintah Daerah

BuseronlineNews.com // TNI AL, Tanjung Balai,- Pangkalan Angkatan Laut Tanjung Balai Asahan menggelar Program Kali Bersih (Prokasih) yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas air sungai sehingga diharapkan dapat memenuhi fungsi peruntukkannya, dalam rangka menyongsong Hari Ulang Tahun Ke-78 TNI Angkatan Laut, Selasa (5/09/2023).

Dalam pelaksanaannya program kali bersih dilaksanakan di Sungai Bandar Sipayang, Jalan R.A. Kartini, Kelurahan Sijambi, Kecamatan Datuk Bandar Kota Tanjungbalai, Panjang aliran sungai yang telah dibersihkan 310 meter dari rumput liar dan sampah non organik total sampah yang diangkat sebanyak lebih kurang 7 Ton.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Walikota Tanjungbalai H. Waris Tholib, S. Ag., M.M., Komandan Lanal TBA Letkol Laut (P) Aan Prana Tuah Sebayang, S.E., D.W.C., beserta Pejabat Utama Lanal TBA, Dandim 0208/AS Letkol Inf M. Bassarewan, S.Hub. Int, Kapolres Tanjungbalai diwakili Kapolsek Datuk Bandar AKP Rekman Sinaga, Kajari Tanjungbalai Rufina Br. Ginting, S.H., M.H. dan diikuti TNI-Polri, PSDKP Tanjungbalai Asahan, Basarnas, DPBD, Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Lingkungan Hidup, Pramuka Saka Bahari Binaan Lanal TBA dan masyarakat setempat.

Sambutan Danlanal TBA Letkol Laut (P) Aan Prana Tuah Sebayang, S.E., D.W.C, “Sungai merupakan sumber daya air yang penting bagi kebutuhan hidup manusia tetapi kualitas airnya cenderung menurun akibat meningkatnya beban pencemaran, oleh karena itu perlu memantapkan keberadaan Kali Bersih sebagai program nasional sekaligus meningkatkan kelancaran serta pengendalian pencemaran air sungai yang bertujuan dapat digunakan secara layak oleh masyarakat dan pencegahan dini bencana banjir dan ini dilakukan serentak diseluruh Indonesia dalam rangka peringatan HUT TNI AL Ke- 78 Tahun 2023,” tegasnya.

Pada kesempatan tersebut, Walikota Tanjungbalai H. Waris Tholib, S.Ag., M.M., mengapresiasi kegiatan Program Kali Bersih (Prokasih) yang digagas Angkatan Laut Tanjung Balai Asahan, “Dengan adanya Prokasih kami Pemerintah Tanjungbalai akan mengawali kegiatan ini untuk membersihkan sungai-sungai yang tercemar di Kota Tanjungbalai,” ucapnya.

(Pen Lanal TBA)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.