Lantamal I Ikut Serta Laksanakan Program Kali Bersih Nasional Tahun 2023 Secara Serentak Di 78 Titik Tersebar Seluruh Indonesia

BuseronlineNews.com // TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) I Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo bersama Forkopimda Kotamadya Medan, Instansi TNI dan Polri, Pramuka Saka Bahari ,Ormas serta masyarakat Belawan ikut serta melaksanakan Program Kali Bersih (Prokasih) Nasional Tahun 2023 dalam rangka menyambut Hari Jadi ke-78 TNI Angkatan Laut yang dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., secara vicon dari Jakarta.

Lantamal I melaksanakan kegiatan Prokasih, bertempat di Bantaran Sungai Deli Kampung Kurnia, Kelurahan Belawan Bahari, Kecamatan Medan Belawan, Kotamadya Medan, Sumatera Utara, Selasa (05/9/2023).

Dalam amanatnya, Kepala Staf Angkatan Laut menyampaikan bahwa TNI Angkatan Laut sangat peduli dengan kebersihan daerah aliran sungai, karena dari aliran sungai dapat membawa berbagai macam sampah yang tentunya sampah tersebut akan bermuara ke laut, sehingga akan berdampak terhadap rusaknya ekosistem di laut. Selain itu, dengan kondisi laut yang kotor tentunya juga dapat berpengaruh terhadap sistem navigasi dan pelayaran. TNI Angkatan Laut berkomitmen dan mengajak berbagai lapisan masyarakat dan pemerintahan untuk dapat mencegah dampak yang ditimbulkan dari sampah yang berasal dari daerah aliran sungai.

Pelaksanaan Program Kali Bersih Nasional ini diinisiasi langsung oleh Kasal dengan memerintahkan seluruh Jajaran TNI AL yang tersebar pada 78 titik di wilayah Indonesia agar dapat berkolaborasi dengan komponen TNI-Polri dan pemerintahan didaerahnya melaksanakan pembersihan sungai secara serentak dengan harapan upaya ini sebagai pemicu dan mengingatkan kembali akan pentingnya menjaga kelestarian, dan kebersihan lingkungan yang dapat menjadikan wilayah sungai dan laut Indonesia yang bersih dan sehat.

Dengan diresmikan pelaksanaan Prokasih secara serentak melalui video confrence maka selanjutnya Danlantamal I memimpin secara langsung pelaksanaan Prokasih di Kotamadya Medan dan diakhiri dengan penanaman pohon dengan tujuan dapat memperkuat ketahanan tanggul disepanjang bantaran aliran sungai.

Dalam sambutannya, Danlantamal I dihadapan peserta kegiatan menyampaikan dan berpesan bahwa kita harus dapat menjaga kebersihan sumber air, sebab kalau sungainya bersih, maka lautnya pun juga akan bersih, Jajaran Lantamal I siap mendukung semua upaya dan kegiatan yang bertujuan memelihara kelestarian lingkungan yang bertujuan untuk kesehatan kita semua, mari kita jaga kebersihan Kotamadya Medan khususnya dan Sumatera Utara pada umumnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wadan Lantamal I, para Pejabat Utama, Kadis dan Kasatker Lantamal I, prajurit dan PNS Lantamal I dan Yonmarhanlan I.

(Dispen Lantamal I)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.