Lanal Sabang Dukung Gerakan Lingkungan The Rising Tide – A Resonance 2023

banner 468x60

BuseronlineNews.com // TNI AL, Sabang, 3 September 2023,- Pangkalan TNI AL Sabang mendukung pelaksanaan Gerakan Lingkungan The Rising Tide – A Resonance 2023 yang digelar di Kota Sabang. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam menyambut HUT Ke-78 Tentara Nasional Indonesia.

Gerakan “The Rising Tide” adalah gerakan akar rumput yang menyadari perubahan ekosistem lingkungan akibat krisis iklim yang menjadi ancaman bagi kelangsungan hingga cara hidup seluruh makhluk hidup dan bertujuan untuk mendorong aksi kerjasama berbagai pihak dalam menciptakan lingkungan yang berkelanjutan.

Diawali pada tahun 2022, dengan membawa pesan #STOPWARISKANSAMPAH Gerakan The Rising Tide dilaksanakan melalui 1293 km Triathlon (Cycling, Swimming, Running) dari Bali menuju Jakarta selama 30 hari untuk mendorong aksi kerja sama berbagai pihak dalam menciptakan ekosistem pengelolaan sampah berkelanjutan berbasis sumber (rumah tangga) dan secara kolektif telah berhasil mendorong komitmen nyata diwujudkan melalui pengolahan sampah menjadi produk kreatif yang memiliki nilai ekonomi, antara lain: pakaian berbahan daur ulang (sampah plastik).

Stop Wariskan Sampah kembali diresonansikan melalui Quadrathlon sejauh 3.141 km dalam 35 hari dari Sabang menuju Jakarta pada 3 September – 5 Oktober 2023 sebagai ilustrasi perjuangan para pembawa pesan dalam memerangi polusi sampah bersinergi bersama 3 Matra TNI yang merupakan garda terdepan masyarakat untuk bersama-sama menjalankan Penanggulangan Bencana Perubahan Iklim serta Cuaca Global dan Perbaikan lingkungan.

Kegiatan The Rising Tide di Kota Sabang diawali dengan pelepasan pembawa pesan The Rising Tide di Tugu Kilometer Nol oleh Komandan Lanal Sabang Letkol Laut (P) Son Haji Hariyoko, M.Tr.Hanla., M.M., selanjutnya berlari menuju Pantai Balohan sejauh 34 kilometer bersama Personel TNI-Polri Sabang. Sesampainya di Balohan, para peserta disambut oleh Komandan Lanud Maimun Saleh Letkol Pnb Fahrul Rozi, S.T.M.I.Pol., dilanjutkan pembersihan pantai sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan. Kegiatan dilanjutkan pelepasan pembawa pesan oleh Komandan Kodim 0112/Sabang Letkol Inf Ahmad Sobirin untuk berenang dari Pantai Balohan Sabang menuju ke Pelabuhan Ulee Lheu Banda Aceh sejauh 30 km.

Dalam sambutannya, Komandan Lanal Sabang menyampaikan bahwa lingkungan yang bebas dari polusi adalah salah satu hal vital dalam menjaga stabilitas negara dan polusi yang disebabkan oleh sampah saat ini menjadi isu global. Untuk mengatasi hal tersebut, TNI mengambil tindakan strategis dalam mengatasi pencemaran lingkungan di Indonesia, selain itu TNI juga mengajak seluruh stakeholder terkait untuk menyatukan tekad dalam memerangi polusi sampah.

Lebih lanjut disampaikan bahwa kegiatan The Rising Tide kali ini dimulai pada Minggu 3 September 2023 dengan titik start dari Tugu Kilometer “0” Kota Sabang dan direncanakan finish di Jakarta pada tanggal 5 Oktober 2023 atau bersamaan dengan puncak perayaan HUT TNI Ke-78.

“Kepada Komunitas Tim The Rising Tide kami selaku Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) TNI dalam hal ini TNI AL, TNI AD dan TNI AU mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya dalam penyelenggaraan kegiatan The Rising Tide, serta selamat menjalankan tugas sebagai Tim Quadratthlon atau pembawa pesan. Tak lupa kami juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Sabang, Forkopimda Kota Sabang serta seluruh pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan ini sehingga dapat berjalan dengan baik dan lancar,” ujar Danlanal Sabang.

Kegiatan dihadiri oleh Unsur Forkopimda Sabang, Personel TNI-Polri Wilayah Sabang, dan Pembawa Pesan yakni Muryansyah (Ketua Tim), Serda Kom Julyad Eduard Aji (Kopaska), Serda Inf Hebi Dwi Pranata (Koopsus TNI), dan Klk Nav Leorudolf Zega (Kopaska).

(Pen Lanal Sabang)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.