Kapolres Sekadau Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Zebra Kapuas 2023

SEKADAU- Kepolisian Resor Sekadau melaksanakan apel gelar pasukan operasi Zebra Kapuas 2023, pada Senin (4/9/2023) pagi di halaman Mapolres Sekadau. Dalam operasi ini Polres Sekadau melibatkan 25 personel.

Apel gelar pasukan dihadiri Wakapolres Sekadau Kompol Hoerrudin, S.I.K., S.H., M.H, PJU Polres Sekadau, Danramil Belitang Hilir Kapten Inf Indra Fiansyah Chaniago, Pj. Kejari Sekadau Ikhwan Iksan, Pj. Satpol PP Indra, dan Ketua RAPI Sekadau Kundori, S.Sos beserta tamu undangan.

Kapolres Sekadau AKBP Suyono, S.I.K., S.H., M.H selaku Irup membacakan amanat Kapolda Kalbar. Operasi Zebra 2023, diselenggarakan serentak di seluruh jajaran Polri selama 14 hari, terhitung dari tanggal 4 sampai dengan 17 September 2023, khusus di jajaran Polda Kalbar dengan sandi Operasi Zebra Kapuas 2023.

“Tujuan operasi ini adalah untuk menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan lalu lintas dan angka fatalitas serta meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas. Dengan sasaran meliputi segala potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata yang berpotensi mengganggu Kamseltibcarlantas, baik sebelum, pada saat, maupun pasca operasi,” ucap Kapolres.

Diperlukan langkah langkah strategis dengan mengedepankan kegiatan pemolisian, salah satunya dengan melaksanakan operasi Zebra Kapuas 2023, guna mewujudkan road safety to zero accident. Kamseltibcarlantas harus dikedepankan sebagai wujud pelayanan prima kepolisian terhadap masyarakat dan negara.

“Sesuai dengan tema operasi,
“Kamseltibcarlantas yang Kondusif menuju Pemilu Damai 2024”, maka harus kita jadikan momentum, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas. Terutama menjelang pemilu serentak 2024, membutuhkan kelancaran lalu lintas untuk mobilisasi para pemilih, distribusi kotak suara dan logistik pemilu ke lokasi tempat pemungutan suara (TPS), agar tepat waktu dan tepat sasaran,” tambah Kapolres.

Kapolres juga menyampaikan beberapa arahan Kapolda Kalbar, untuk dipedomani oleh seluruh personel yang melaksanakan operasi Zebra Kapuas 2023. Laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan tanamkan dalam diri, bahwa melakukan operasi Zebra Kapuas 2023 adalah sebuah kehormatan, sekaligus ladang amal ibadah.

Siapkan performa masing-masing personel, terapkan buddy system dan pedomani SOP, agar siap merespon permasalahan masyarakat yang berkaitan dengan lalu lintas. Berikan edukasi serta pola-pola pencegahan dengan cara yang tepat dan dapat dipahami masyarakat, sebagai implementasi dari langkah pemolisian yang presisi di bidang lalu lintas.

Laksanakan jukrah terkait cara bertindak yang telah diamanatkan dalam operasi. Yakni pemetaan terhadap blackspot rawan kecelakaan lalu lintas, gakkum statis dan secara elektronik, teguran secara subjektif dan humanis, serta counter opini terhadap berita berita hoax negatif terkait lalu lintas yang dapat merugikan masyarakat.

Pastikan informasi terkait
kebijakan dan perkembangan situasi lalu lintas terkini tersampaikan dengan baik melalui iklan layanan masyarakat. Lakukan penguatan komunikasi publik, baik menggunakan media cetak, elektronik dan media sosial dengan melibatkan toga, tomas, influencer dan public figure.

“Jalin langkah-langkah
partnership: kerja sama, sinergi,
kolaborasi dan soliditas dengan pihak pihak yang terlibat, sehingga memberikan penyelesaian yang solutif terhadap permasalahan lalu lintas. Jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas sebagai teladan bagi masyarakat dalam patuh berlalu lintas,” tutup Kapolres membacakan amanat Kapolda Kalbar.

Kaperwil Kalbar/Jakaria

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.