Graha Putih Adakan Baksos di Baduy Luar Ciboleger

BuseronlineNews.com // BANTEN (02/09) – Relawan Grha Putih bakal melangsungkan rangkaian pelayanan kesehatan meliputi bakti sosial berlokasi di Baduy Luar, Banten yang diadakan pada hari Sabtu (02/09/2023).

Perjalanan ditempuh kisar 3 jam menuju Rangkasbitung dilalui rombongan sebelas kendaraan dengan melaju secara konvoi beriringan melalui akses tol Jakarta – Cilegon Merak.

Setiba di Rangkasbitung, rombongan pun dikawal pihak Babinsa, Kepolisian sektor Lewidamar setempat menuju lokasi yang berada tepatnya di desa Bojong Menteng, kampung Lades, Baduy Luar Banten.

Turut hadir, di Masjid yang berada di lokasi sekitar ratusan warga yang mayoritas para ibu ibu rumah tangga beserta anak anaknya, serta hadir juga sebanyak puluhan perangkat desa.

Grha Putih Adakan Baksos di Baduy Luar Ciboleger

Hari ini Sabtu tanggal 2 September 2023, Grha Putih didukung oleh KAJB ( Kita Alumni Jayabaya Bersatu, BelUSUkan, Almisbat, mengadakan program Baksos dan Tes Kesehatan gratis.

Bakti Sosial yang akan dilakukan di Ciboleger Baduy Luar – Banten, dan akan diikuti oleh Peserta : lebih dari 250 warga dan 50 perangkat desa.

Karena banyaknya peserta yang hampir mencapai 20 mobil, maka dibuat beberapa tikum (titik kumpul) untuk memudahkan koordinasi. Ada yang di McD Cibubur, SMESCO Cawang, Poin Square Lebak Bulus.

Destiana, Bendahara Grha Putih yang pada kegiatan ini menjadi
Ketua Panitia Pelaksana menjelaskan: “Alhamdulilah dalam Checklist ACARA yang dilakukan kemarin, semua telah siap dengan baik : 1. Cek Kesehatan : tensi, gula darah, asam urat, kokesterol dll.✅ alat2 test kits telah sisiapkan oleh Ketum Grha Putih, Ahmad Akbar, dan diperkirakan cukup untuk semua peserta rapid test check. Karena jarak lokasi ke Puskesmas terdekat lebih dari 30 km, maka pesertanya akan cukup banyak. Selain itu, Ketum juga telah menyiapkan 4 Nakes untuk melayani tes kesehataan gratis tersebut.”

“Mengenai sembako, telah terkumpul dari para donatur sebanyak 250 kantong beras @2,5/ 625KG, serta beberapa kantong minyak goreng kemasan dan lain-lain, yang nilai seluruhnya sekitar Rp.30 Juta an. Pakaian layak pakai juga relatif banyak, terkumpul di 3 lokasi basecamp Grha Putih yaitu, ITC Roxy Mas, Menara Kuningan dan Ruko Cibubur, juga Buku² Sekolah & Alat Tulis, sehingga untuk 2 item ini kemarin sudah kami tutup.” Tambah Desti.

Dalam kegiatan tersebut, Ketum Grha Putih juga akan membagikan kaos bergambar Ganjar Pranowo, kepada semua peserta dan panitia, jumlah kaos yang tersedia sebanyak 300 kaos, semunya akan dimasukkan dalam goodie bag berwarna merah, yang juga bergambar Ganjar Pranowo, Goodie bag telah disiapkan sebanyak 500 pcs.

Telah disiapkan juga 10 Jam Dinding Grha Putih/Almisbat utk bbrp tokoh sbg souvenir dan tanda terima kasih .Mengingat banyaknya peserta dari panitia yang pada hari kemarin sudah tercatat 16 kendaraan, dan ada rencana penambahan 2 kendaraan lagi pada hari ini, yaitu total 18 kendaraan, maka Teknis pelaksanaan Baksos Baduy Luar, yaitu dengan diadakannya 3 titik kumpul ( tikum) pada hari Sabtu tgl 2/9 1. Jam 06.00 Tikum McD Cibubur
2. jam 07.00 Tikum Poin Square Lb Bulus
3. Jam 08.00 Tikum McD Gading Serpong

Selesai acara di Ciboleger, semua rombongan akanlangsung balik JKT (tdk.nginap) .

Untuk acaraini Tim Grha Putih telah berkoordinasi dengan Jaro/Ketua Adat setempat, Polres dan Puskesmas, dan Ketua Panpel Destiana telah survey dan koordinasi di lokasi sebanyak 3 kali.

Yang menarik, antusias peserta terlihat dari ikut sertanya kelompok relawan lain seperti Almisbat, juga relawan pendukung Ganjar Pranowo dari alumni universitas Jayabaya dan USU yang tergabung dalam BlUSUkan. Ada juga perwakilan dari media ikut serta dalam rombongan.

Dan, ada 10 mahasiswa Fakultas Hukum tingkat akhir dari sebuah Universitas Negeri di Jakarta, atau yang dapat dikategorilan sebagai GenZ, turut pula ikut menjadi relawan dalam Baksos Baduy luar tersebut.

“Semoga acara nanti akan berjalan lancar dari awal sampai akhir dan kembali ke Jakarta, amin,” tutup Destiana mengakhiri wawancara.

Setelah sarapan dilakukan briefing oleh Soebektu yang menjadi leader/road captain. Tepat jam 08.30, setelah doa yang dipimpin oleh Ketum Grha Putih, perjalanan dimulai dan berhenti sejenak di SPBU terdekat karena beberapa kendaraan mau mengisi bensin.

Kecepatan rata-rata 80 KMJ dan jam 1030. rombongan tiba di Hotel Horizon rangkas untuk konsolidasi sambil menunggu tim Korwil Banten, Ritha dkk untuk bergabung.

Tepat jam 11.00 wib, perjalanan dilanjutkan ke lokasi acara ditempuh sekitar satu (1) jam lamanya. Sementara, itu warga di lokasi tujuan sudah berkumpul dengan para kepala desa atau jaro masing-masing.

Destiana, mengucapkan rasa terima kasih atas kehadiran para warga di lokasi.

Jaro, Ajat Sudrajat katakan, tidak menghilangi hormat saya turut apreasiasi atas kehadiran dan selamat datang bapak ibu dari grha putih hadir di desa kami.

” Ibu, bapak serta warga sekalian serta rombongan Grha Putih dan dikunjungi sangat berterimakasih. Di samping, itu juga Insyaallah tidak melihat banyak atau tidaknya. namun, kehadiran telah tepat pada hari ini,” ujar Jaro Ajat.

Sementara, Ahmad Akbar, selaku Ketua Umum Grha Putih menyampaikan kami hadir di sini untuk ibu ibu sekalian. Dimana, kami dari grha putih di samping menggelar pemeriksaan kesehatan gratis sekaligus bakti sosial dalam bentuk pemberian souvenir sembako.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.