KLM Berkat Sentosa Jaya Tenggelam di Perairan Sampit, ABK Dievakuasi Ke Pos TNI AL Samuda

BuseronlineNews.com // TNI AL, Sampit,- KLM Berkat Sentosa Jaya tenggelam saat melakukan pelayaran menuju Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur karena cuaca buruk yang terjadi di Perairan Muara Teluk Sampit, Senin (28/8/2023).

Menurut informasi yang didapatkan dari Komandan Pos TNI AL Samuda jajaran Lanal Banjarmasin Letda Laut (P) M. Subkhan, KLM Berkat Sentosa Jaya memiliki bobot GT 438 bermuatan Pupuk yang di Nahkodai oleh Sahriadi dengan ABK (Anak Buah Kapal) berjumlah 8 orang berangkat dari Bontang Kaltim menuju Sampit Kalteng.

Pada hari Jumat (25/8) Kapal tolak dari Pelabuhan Tersus PT. Pupuk Kalimantan Timur Dermaga I Selatan, Bontang Provinsi Kalimantan Timur menuju Sampit. Tanggal 28 Agustus 2023 sekitar pukul 13.40 Wib, kapal sudah berada di Perairan Muara Teluk Sampit pada titik Kordinat 03°23’401″S 113°0’583″E terjadi cuaca buruk sehingga mesin pompa kapal tidak mampu untuk membuang air yang masuk ke kapal dan menyebabkan kapal mulai tenggelam. Melihat kondisi tersebut 8 ABK berusaha menyelamatkan diri dengan menggunakan lifecraft dan membuat rakit dari peralatan yang ada di kapal.

Sebelum tenggelam, Sahriadi Nakhoda KLM Berkat Sentosa Jaya sempat menghubungi Agen Kapal PT. BSP (Bahari Sandi Pratama) atas nama Reza memberitakan kondisi kapalnya. Dari informasi tersebut, Reza meminta bantuan Komandan Pos TNI AL Samuda, selanjutnya Komandan Pos TNI AL berkoordinasi dengan KPLP, Basarnas dan Polairud Polda Kalteng untuk melaksanakan pencarian dengan posisi terakhir pada titik kordinat 3°23’222″ LS 112°55’813″ BT.

Pukul 20.35 Wib, Tim SAR Gabungan yang terdiri dari Personel Pos TNI AL Samuda, Basarnas, Polairud Polda Kalteng dan KPLP menemukan 8 orang ABK yang sedang mengapung dengan menggunakan rakit sekitar 9 Mil dari Pantai Kalap, Ujung Pandaran pada titik kordinat 3°15’978″S 112°55’762″E dan dievakuasi menuju Dermaga Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalteng.

Setibanya di Dermaga Ujung Pandaran, seluruh ABK dibawa menggunakan minibus menuju Pos TNI AL Samuda untuk diserahkan kepada Agen Pelayaran.

Adapun ABK KLM Berkat Sentosa Jaya diantaranya Sahriadi (Nakhoda), Arman (Mualaim I), A. Irmang (KKM), Misrawanto (Masinis II), Fikruddin (Juru Mudi), Jusriandi (Juru Minyak), Mustaming (Kelasi), dan Sahrianto (Kelasi).

Ditempat terpisah, Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Agus Setyawan, S.H., mengapresiasi tindakan personel yang ditugaskan di Pos TNI AL Samuda, dengan kesigapannya sehingga tidak ada korban jiwa pada kejadian tenggelamnya kapal tersebut.

(Pen Lanal Banjarmasin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.