WaWWW: Bengkayang And Sambas, 2 Daerah Ini yang Bakal Terusir dari Kalimantan Barat, Akibat Berani Bersaing jadi Daerah dengan IMP Tertinggi, Pontianak Masuk Loh

KALBAR, BuseronlineNews.com – Bengkayang And Sambas, 2 Daerah yang bakal Terusir dari Kalimantan Barat, Akibat Berani Bersaing jadi Daerah dengan IMP Tertinggi, Pontianak Masuk Loh. Pontianak Akan Undur Diri jadi Ibu Kota Kalbar, Setelah Kubu Raya dan Singkawang Masuk 5 Besar Daerah Paling Sejahtera di Kalimantan Barat, IMP Capai 80,48. Kalimantan Barat, Provinsi yang terletak di Indonesia, dikenal dengan sebutan ‘Seribu Sungai’ yang menjadi daya tarik utamanya. Selain julukan tersebut, Provinsi ini juga terkenal dengan beragam objek wisata yang menjadi favorit bagi wisatawan dari berbagai daerah. Kehidupan masyarakat di Kalimantan Barat telah mencapai taraf sejahtera yang dapat dilihat dari peningkatan Indek Pembangunan Manusia {IPM} setiap tahunnya. Provinsi ini memiliki lima daerah yang dikenal sebagai daerah paling sejahtera berdasarkan nilai IMP tertinggi di tahun 2022. Kalimantan Barat terbagi menjadi 12 Kabupaten dan 2 Kota secara administratif. Dalam daftar tersebut, Kota Singkawang menduduki posisi kedua yang mengejutkan. Selain itu, Kabupaten Bengkayang juga masuk dalam daftar tersebut.

Namun, posisi pertama sebagai daerah paling sejahtera diraih oleh Kota Pontianak dengan nilai IPM mencapai 80,48 pada tahun 2022. Kota ini memimpin dalam pembangunan manusia yang berkualitas dengan prestasi yang luar biasa. 1. Kota Pontianak Dengan nilai IPM tertinggi, yaitu 84,48 pada tahun 2022, Kota Pontianak menempati posisi pertama sebagai daerah paling sejahtera di Kalimantan Barat. 2. Kota Singkawang Kota Singkawang menduduki posisi kedua dengan nilai IPM sebesar 72,89 pada tahun 2022. Kota juga memberikan kontribusi besar dalam peningkatan kualitas hidup penduduknya. 3. Di posisi ketiga terdapat Kabupaten Kubu Raya dengan nilai IPM mencapai 68,91 pada tahun 2022. Kabupaten ini memiliki prestasi yang cukup baik dalam memajukan pembangunan manusia di wilayahnya. 4. Kabupaten Bengkayang Kabupaten Bengkayang berada keempat, Kabupaten ini telah menunjukan kemajuan yang signifikan dalam mencapai kehidupan yang lebih baik bagi penduduknya. 5. Kabupaten Sambas Kabupaten Sambas menempati posisi kelima dengan nilai IPM sebesar 67,95 pada tahun 2022. Meskipun berada di urutan terakhir dalam daftar ini, Kabupaten ini telah memberikan kontribusi yang berarti dalam upaya mencapai pembangunan manusia yang lebih baik di Kalimantan Barat.

{ M. Syahrief. H./TeamBuserKalbar}.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.