Uji Terampil Glagaspur Pangkalan, Danlanal : Harus Siap Hadapi Segala Bentuk Ancaman

banner 468x60

BuseronlineNews.com // TNI AL, Bengkulu,- Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Bengkulu, Letkol Laut (P) Nyoman Gede Pradnyana A.S., secara resmi membuka pelaksanaan kegiatan Uji Terampil Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) Pangkalan Tingkat P1 dan P2 Kolat Koarmada I di Ruang Puskodal Mako Lanal Bengkulu, Jalan R.E. Martadinata No.10 Kota Bengkulu, pada Selasa (11/7/2023).

Pembukaan Uji Terampil Glagaspur Pangkalan tersebut diawali dengan laporan kesiapan dari Pasops Lanal Bengkulu selaku Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) kepada Danlanal beserta Tim Uji dari Kolat Koarmada I yang dipimpin oleh Letkol Laut (P) Didik Hermawan, M.Tr.Opsla.

Danlanal Bengkulu mengatakan bahwa Uji Terampil Glagaspur Pangkalan ini merupakan program kerja tahunan Lanal Bengkulu untuk membina kesiapsiagaan prajurit dalam menghadapi berbagai dinamika situasi kedepan, serta untuk selalu menjaga dan meningkatkan profesionalisme prajurit dalam melaksanakan tugas pokok Lanal Bengkulu sehingga harus selalu siap menghadapi segala bentuk ancaman.

“Kegiatan seperti ini rutin dilaksanakan guna membina dan mengasah kemampuan prajurit sehingga setiap saat para prajurit harus siap untuk menghadapi dinamika dalam pelaksanaan tugas ke depan,” ucap Danlanal Bengkulu.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa kegiatan Uji Terampil Glagaspur P1 dan P2 (Tingkat Pangkalan) ini dimulai dengan dilaksanakannya berbagai bentuk latihan persiapan secara berkala pada periode tahun 2023 ini. Latihan ini untuk meningkatkan kemampuan individu prajurit atau satuan yang harus terus dibina dan dikembangkan secara terprogram, dimana hasil berbagai latihan tersebut selanjutnya diuji dan diberikan penilaian oleh Tim Uji Terampil Glagaspur Komando Latihan Armada I.

“Kepada seluruh prajurit Lanal Bengkulu saya perintahkan untuk melaksanakan latihan dengan sungguh-sungguh agar tujuan dari Latihan Uji Terampil Glagaspur ini dapat terwujud sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan. Selain itu, kegiatan Uji Terampil Glagaspur ini juga bertujuan untuk mewujudkan standarisasi dari kemampuan personel dan satuan yang profesional, handal guna mendukung tugas pokok dan fungsi TNI Angkatan Laut,” ucapnya.

“Kita pun harus siap menghadapi segala bentuk ancaman, baik yang datangnya dari luar maupun dari dalam, sehingga kegiatan ini perlu dilaksanakan secara rutin,” tambahnya.

Adapun materi-materi dalam Uji Terampil Glagaspur P-1 dan P-2 oleh Tim Penilai dari Komando Latih Armada I (Kolatarmada I) terhadap prajurit Lanal Bengkulu meliputi Latihan Pertahanan Pangkalan (Hanlan), Latihan Penanggulangan Kebakaran (PEK), Latihan Penindakan Huru Hara (PHH), Latihan Penanganan Evakuasi Medis, Drill Kecakapan Komunikasi, Drill Keterampilan Bongkar Pasang Senjata, Drill Renang Militer, Latihan Menembak Pistol dan Senjata Laras Panjang, penyegaran tentang Peraturan Dinas Dalam (PDD) Khas TNI AL, Peraturan Baris Berbaris (PBB), Upacara Pemakaman Militer dan Latihan Permildas atau P5T.

Selanjutnya kegiatan Uji Terampil Glagaspur P1 dan P2 ditutup oleh Komandan Lanal Bengkulu beserta Tim Uji Terampil Kolat Koarmada I dan Perwira Staf Lanal Bengkulu, yang diawali dengan penyampaian dan penyerahan hasil Uji Terampil Lanal Bengkulu dari Ketua Tim Uji kepada Danlanal Bengkulu, dimana Lanal Bengkulu dinyatakan lulus Uji Terampil Glagaspur P1 dan P2 dengan hasil baik. Kegiatan diakhiri dengan pernyataan penutupan oleh Danlanal Bengkulu di Ruang Puskodal Mako Lanal Bengkulu, pada Jumat (14/7).

(Pen Lanal Bengkulu)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.