Bupati Bartim Ampera AY Mebas berharap BPD Terpilih bisa bersinergi dengan Perangkat Desa yang ada untuk Bersatu Memajukan Desanya

banner 468x60

Kalteng- Kemajuan Desa perlu adanya kerja sama,demikian ucap Dr Ampera AY Mebas SE MM, kepada 179 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Bartim yang baru dilantiknya dapat bersinergi dengan pemerintah desa masing-masing dalam menjalankan tugasnya.

Dalam sambutannya pada acara pelantikan sekaligus pengambilan sumpah janji 179 anggota BPD, Selasa (31/1/2023), Bupati Ampera AY Mebas menyampaikan 7 poin pesan penting, sesuai dengan UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa, Peraturan Daerah Kabupaten Bartim Nomor 5 Tahun 2018 tentang BPD yang harus dilakukan anggota BPD dalam menjalankan tugas di desa masing-masing.

“Ada beberapa hal yang harus saya sampaikan, agar setiap perangkat desa bisa mengoptimalkan BumDes,” ucapnya.

Orang nomor satu di Gumi Jari Janang Kalalawah ini mengingatkan agar anggota BPD bisa bekerjasama dengan baik, serta bersinergi dengan perangkat desa dan kepala desa dalam membangun desa.

Adapun 7 poin yang disampaikan Bupati kepada Anggota BPD terpilih yang baru dilantik sebagai berikut:

Dalam melaksanakan tugas pemerintahan, Pengawasan Pembangunan, pelayanan dan pemberdayaan masyarakat, hendaknya saudara berpegang teguh pada ketentuan Perundang-undangan yang berlaku.
Berikan pelayanan secara adil dan merata kepada seluruh lapisan masyarakat, tanpa membedakan suku, agama, golongan dan latar belakang lainnya.
Pererat jalinan kerjasama dengan Kepala Desa dan Perangkat Desa, Tokoh masyarakat, tokoh agama, pemuda dan seluruh komponen masyarakat di desa setempat.
Dalam mengambil kebijakan yang berhubungan dengan kepentingan masyarakat agar selalu mengedepankan musyawarah/mufakat.
Pergunakan dana yang bersumber dari APBDes sebaik-baiknya untuk kegiatan yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat, kedepankan perencanaan pembangunan dan penggunaan dana yang transparan, akuntabel dan bisa dimanfaatkan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Laksanakan koordinasi yang baik antara Pemerintah Desa dengan Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Kabupaten ditempat Saudara bertugas agar tercipta kesatuan pikiran dan kesatuan visi dalam menjalankan roda pemerintahan dari tingkat kabupaten, kecamatan dan desa.
Bagi Kepala Desa di Wilayahnya yang berakhir masa jabatannya tanggal 16 Agustus 2023 agar segera ditindaklanjuti sebagaimana peraturan tentang pemilihan Kepala Desa yang berlaku.
“Dengan tetap bekoordinasi dengan Pemerintah Kecamatan dan Kabupaten. Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Barito Timur mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya bagi mantan Anggota BPD yang telah mengakhiri jabatannya,selama ini ,ucapnya.

(Binaria)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.