Peningkatan Kapasitas RT RW dan LINMAS Kelurahan Tanjung Kapal

banner 468x60

Rupat – Kelurahan Tanjung Kapal Kecamatan Rupat kabupaten Bengkalis dalam rangka peningkatan kualitas para Ketua RT dan RW menggelar pelatihan peningkatan kapasitas Lembaga Kemasyarakatan RT dan RW. Pelatihan ini  dihadiri oleh pemerintahan kelurahan dan seluruh ketua RT, ketua RW dan LINMAS .
Kegiatan ini berlangsung di Aula Kelurahan pada tanggal 12/07/ 2023.

Kasitampem Rupat,Ali Safri menyebut, kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas RT & RW dan Linmas ini sangat penting untuk memperkuat tugas fungsi para ketua RT/RW sebagai unit organisasi ‘akar rumput’ yang paling dekat serta bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Mereka juga sebagai garda terdepan penggerak swadaya gotong royong dan partisipasi masyarakat di wilayahnya,” ujar Bapak Ali Safri

Dia mengungkapkan, tugas fungsi RT/RW adalah untuk membantu pemerintah desa dan kelurahan dalam urusan pemerintahan serta pelayanan terhadap masyarakat, pendataan penduduk, pemeliharaan keamanan, mengembangkan inisiatif, dan penggerak swadaya gotong royong untuk partisipasi masyarakat di wilayahnya.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan ini adalah sebagai evaluasi para RT/RW dan Linmas untuk menciptakan sinergitas dengan pemerintah desa dan kelurahan ,” ucapnya.

Kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas RT/RW dan Linmas ini juga bertujuan agar Ketua RT dan RW tahu tugas dan fungsinya.

Dikesempatan ini lurah , Indra Darma mengucapkan ribuan terimakasih kepada pemerintah istansi kecamatan yang telah hadir dalam kegiatan pelatihan peningkatan Kapasitas lembaga yang ada dikelurahan ini dengan Adanya pelatihan seperti ini agar bisa lembaga yang ada bisa menambah ilmu dalam bidang pemerintahan agar semua pengurusan masyarakat bisa terlaksana dengan lancar, pungkas Indra

Salah satu Ketua RW, Herman,s sangat senang dan bangga adanya kegiatan pelatihan RT/RW dan Linmas ini sehingga merasa terbantu adanya program ini yang dapat menambah wawasan serta ilmu yang didapat di pelatihan ini.

“Jadi kita lebih mengetahui sejauh mana tupoksi RT/RW, diharapkan usai kegiatan ini kami dapat merealisasikannya di lingkungan untuk memberikan pelayanan secara administrasi terhadap warga masyarakat,” imbuhnya.

**Nasri **

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.