PT. Pura Group Operasikan Pompa Polder 24 Jam Non Stop untuk menyedot air banjir

banner 468x60

BuseronlineNews.com, KUDUS – Pura Group menerjunkan dua pompa polder selama 24 jam secara terus menerus, guna mengurangi genangan air banjir yang ada di wilayah perbatasan Desa Jati Wetan dan Desa Jati Kulon, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus.

Direktur HR & GA Pura Group, Agung Subani menyampaikan, masing-masing pompa polder yang dioperasikan memiliki kapasitas 5 ribu liter per menit. Pompa polder tersebut telah dihidupkan secara bergantian sejak Jumat (30/12/2022) sampai hari ini, Rabu (4/1/2023).

Pompa polder yang saat ini berada di Dukuh Tanggulangin, Desa Jati Wetan itu nantinya akan menyedot genangan air banjir di perbatasan wilayah desa setempat dan Desa Jati Kulon, untuk kemudian dibuang ke Sungai Wulan.

“Meskipun ini belum bisa menjadi solusi 100 persen, tapi paling tidak bisa untuk mengurangi luapan yang arahkan nanti bisa ke Jati Wetan maupun saat ini yang ada di Jati Kulon,” ujarnya.

Agung menargetkan, setidaknya genangan air di area jalan wilayah Desa Jati Kulon atau tepatnya depan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Pura Barutama, bisa relatif berkurang. Ini mengingat debit air di wilayah setempat masih tinggi, terutama di tiga dukuh di Desa Jati Wetan.

Pengoperasian pompa juga digerakkan mengingat debit air di Sungai Wulan sangat tinggi, sehingga genangan air yang berasal dari curah hujan tidak bisa langsung dibuang melalui pintu air.

“Kondisi yang ada di tempat kami itu, untuk area pipanya itu masih berada di atas permukaan air sungai yang ada sekarang ini, jadi paling tidak genangan yang ada di perbatasan itu masih bisa sedot kita alirkan ke sungai wulan,” terangnya.

Pihaknya berharap, dengan dioperasikannya dua mesin pompa folder dengan kapasitas 5 ribu liter per menit ini, bisa mengurangi genangan air yang ada di perbatasan wilayah Desa Jati Wetan dan Jati Kulon.

“Paling tidak langkah antisipasi kita itu dengan kapasitas 5 ribu liter per menit dengan 2 mesin, paling tidak kita bisa mengurangi akses yang ada diperbatasan,” tandasnya.

Untuk diketahui, keberadaan pompa polder milik Pura Group yang berada di Dukuh Tanggulangin ino sudah ada sejak 2014 lalu. Polder tersebut dioperasikan tiap tahun dengan penerapan sistem yang sama seperti kali ini, yakni dioperasikan secara bergantian selama 24 jam.

 

( JIMMY )

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.