Desa Darul Aman Kec.Rupat,Kab.Bengkalis, Musrenbangdes RKPDES 2023 DU 2024, Berakhir Lancar, Aman Dan Tertib

banner 468x60

Rupat – Kegiatan Desa Darul Aman Kec.Rupat Kab.Bengkalis Prov.Riau berlangsung pada momen Musyawarah Rencana Pembanguan Desa serta membuat Daftar Usulan (DU) tahun 2023 dan Penetapannya untuk tahun 2024 Musrenbang Desa Darul Aman dilaksakan dan digelar oleh Camat Rupat diwakili Kasi Pem, Ali Syafri di gedung Bumdes Desa Darul Aman, Jum’at, 30/9/2022 di mulai pkl.14’15’wib

Acara musrebangdes Darul Aman ini di hadiri bersama yang melibatkan Elemen masyarakat,Kasi Pem.Kec.Rupat,Ali.Syafri, Ketua BPD” Hazri”, UPT.Puskesmas/ UPT Perikanan/ Kelautan, Pertanian/perkebunan, UPT BPBD, Babinsa” Handoko”, Babinkantibmas”Idris”,, Corcam Pembangunan Desa “Erwanto”, Dan Pendampingan Pembangunan Desa serta Ekonomi, Kepala Desa Darul Aman “Pramujo Rosid,S.Hi”, didampingi Anang Selaku pembawa acara.

Berbagai usulan seperti pengadaan alat tangkap ikan, dan itu harus kelompok yang legal, jika tidak legal jagan harap bisa masuk ke- pihak bagian terkait di Bengkalis,ungkap Ka Upt,”Irwandi” dan lain lain sebagainya di jelas kan dalam usulan.

Acara Musrenbang Desa Darul Aman,
terkait dari beberapa dana pembangunan Desa prioritas bantuan sosial tunai dan lainnya tergantung Usulan Kadus dan Desa,selama ini kita terhambat Covid-19, saat ini lantaran kita sudah zona hijau dan Kami sudah melaksanakan produk stunting dan beberapa kata Gori bisa di lapor oleh kebijakan Desa,, pencegahan stunting dan diwajibkan angka stunting di usia anak diawasi, usia itu ada kader khusus stunting dan kader kesehatan yang berbeda,penjelasan dari Tim kaderisasi Kesehatan.

Ketua BPD, “Hazri” menyambut kata dalam usulan itu, dan segala usulan kami berharap semoga tidak sia – sia dan prioritas, itu kami harapkan dari pihak terkait.

Korcam Pembangunan Kecamatan”Erwanto” mengatakan soal pembangunan, ada kesehatan, dll, untuk dana bermasa ada 600 juta pemberdayaan 32 juta dan 8 juta pengawasan,pembinaan dan dari Kecamatan serta Kabupaten.
1milyar satu desa,1milyar satu Kelurahan dan 1milyar satu Kecamatan, ungkap Erwanto.

Erwanto menambahkan, ini program Kabupaten Bengkalis tahun 2022, dana tersebut banyak manfaat nya jika kita bangunkan dengan sebaik baiknya, kemudian penyaluran dana bermasa, tantangan untik pak Kadus yaitu Dana bermasa bersiifat Berkelompok, tidak seseorang,paparnya.

Erwanto menambahkan,RKPDes tetap tiap tahun kita lakukan,jangan pernah bosan,jangan pernah muak,ini rutinitas kegiatan kita.
RPJM – RKPDes harus, kita masukkan ke Musrenbang, sebut Erwanto.

Ibu selaku dinas dari Kesehatan menyebutkan, dana penyegaran Kader tidak ada dan kalau mengukur kesehatan pada anak harus yang pas pada anak stunting ini, mulai remaja sejak usia 5 tabun harus kita pantau. Yang penting cara memberi makan dan gizi anak harus pandai lah orang tua, dan kalau diusia anak untuk menikah nantinya harus kita lakukan pemeriksaan dan pengukuran,ungkap ibu Kader Kesehatan stunting.

Usulan Pihak SDN 12 menyebutkan, sekolah se-Indonesia di SDN 12, sebap semua suku ada sekolah di sana,mohon perhatian dari Kepolisian,Kades dan kita semua bagaimana kita supaya bisa memperhatikan sekolah SDN 12, agar bisa lebih maju dan berkembang,paparnya dalam hiruk pikuk suara bermacam dalam gedung yang sensitif dengan suara lain, sehingga tidak berhasil pada rekaman peliputan.

Seakan heboh dalam usulan SDN 12, suara penyampaian usulannya pada awal tadi, tidak dapat diserap secara nyata,Hingga memakan waktu,terpantau media ini.

Erwanto maunya pihak pengusul dari SDN12 membuat rekap hal tersebut,kemudian masukkan ke Dinas Pendidikan supaya kita dapat membangunkan apa yg dimaksud
Pak Kades tadi yang diminta ke Pada UPT karena biasanya Data di Rubah,sebut Erwanto.Salah satunya di SDN 12 usulan rumah Dinas, dan pengadaan sarana lainnya.

Ka UPT.BPBD, Yongmes, itu sapaan akrapnya,Tugas kami BPBD bukan pemadam api di Karhutla saja, tapi disemua hal bencana Daerah kita, Kami, tapi Karhutla di hutan dan lahan itu tugas polri dan TNI, yang kami maksud hanya Di Lahan perumahan atau rumah masyarakat andaikata yang terbakar maka segala alat persiapan pemadaman harus ada di musrenbangkan.

Kalau ada dana bermasa pada acuan itu, tentu Kades bisa menyiapkan pengadaan dan juga mesin pemadam kebakaran untuk Petugas harus bergilir dan bukan orang-orangnya itu-itu saja agar masyarakat faham cara memadam api, ungkap Yongmes, dan hal tersebut mendapat perhatian serulius bagi semua pihak.

Kepala Desa Darul Aman,Pramujo Rosid,S.Hi, menyampaikan harapannya menanggapi Hasil musrenbangdes tersebut, dengan Musrenbangdes tahun 2023 membahas usulan tahun 2024, mudah -mudahan apa yang kita programkan,apa yang kita canangkan bersama dari Musrenbang ini semoga dapat berjalan.

Tentunya kami bermohon kepada pihak Kecamatan,Kabupaten dan juga minta prioritaskan apa yang kami usulkan dan pembangunan- pembangunan yang ada di Pulau Rupat ini bisa merata.

Desa Darul Aman untuk bisa diperhatikan khusus “karena memang infrastruktur nya masih kurang” dan mohon untuk dimaksimalkan, Serta pada progaram bermasa tahun 2022, Kabupaten Bengklis tentunya menjadi kebanggaan masyarakat.

Sebap akan menjadi perubahan yang besar dan perkembangannya akan dirasakan langsung bagi masyarakat seperti pembangunan fisik atau infrastruktur jalan di lingkungan warga, serta pemberdayaan masyarakat dan kegiatan pemuda olahraga maupun PKK menjadi perhatian dikalangan masyarakat, karena menyentuh langsung, tentunya pemuda dapat lebih terarah pada perkembangan yang lebih baik, dan terpublikasi.

Saya selaku Pemerintah Desa mengucapkan terimakasih kepada Bupati Bengkalis ibu Kasmarni, S.Sos,M.MP dan Bpk Wakil, “H.Bagus Santoso” tutur Kades.

rilis(tim/Nasri)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.