TNI AL Lepas 100 Tukik Di Laut Anambas

BuseronlineNews.com, KEPULAUAN ANAMBAS,- Komandan Pusat Penerbangan TNI AL (Danpuspenerbal) Laksamana Muda TNI Dwika Tjahja Setiawan, S.H., M.H., M.Tr. Opsla, dalam kunjungannya ke Anambas didampingi oleh Komandan Lanal Tarempa Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, S.E., M.Tr.Opsla., menyempatkan diri melepas anak penyu atau tukik jenis Penyu Hijau dan Sisik di Pantai Pulau Piugus Kabupaten kepulauan Anambas, Minggu (31/7/2022).

100 ekor Tukik yang dilepas merupakan hasil konservasi masyarakat Anambas bersama Lembaga Konservasi yang ada di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Komandan Lanal Tarempa mengatakan bahwa “Pelepasan Tukik yang kami lakukan adalah salah satu upaya Lanal Tarempa khususnya dan TNI AL umumnya untuk menjaga kelestarian alam, yaitu dalam hal ini adalah satwa dilindungi.”“Seperti kita ketahui bersama bahwa Penyu jika ditinjau dari segi kecilnya persentase keberlangsungan hidupnya sejak bertelur hingga dewasa, adalah salah satu hewan yang sangat sulit untuk berkembang, banyak faktor yang menghambat keberlangsungan hidup hewan ini.”

“Salah satunya faktor alam, telur dan bayi penyu sangat rentan terhadap hewan pemangsa, bahkan ironisnya masih banyak oknum yang belum menyadari untuk menjaga keberlangsungan hidup Penyu.”“Saya sangat apresiasi dan banyak terima kasih kepada masyarakat Anambas yang sudah menyadari bahkan mau, baik secara pribadi atau perorangan maupun kelompok atau lembaga untuk menjaga kelestarian satwa ini, semoga semakin banyak masyarakat yang menyadari hal ini sehingga satwa dilindungi ini akan tetap lestari sampi ke anak cucu kita.

Upaya yang kami lakukan ini tentunya merupakan perintah Pucuk Pimpinan Angkatan Laut yang tertuang dalam Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono “Jaga kepercayaan Negara dan rakyat kepada TNI AL melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara” tutup Danlanal Tarempa.

Tampak keceriaan di wajah Laksamana Muda Dwika saat melepaskan Tukik di Pantai, beliau sangat bersyukur karena disela kesibukan kunjungannya masih berkesempatan untuk melepaskan anak penyu.Seluruh jajaran Puspenerbal yang ikut Kunker, termasuk Ketua PG Jalasenastri Puspenerbal Ny. Anna Dwika, didampingi oleh Komandan Lanal Tarempa, Komandan Lanudal Matak dan Ketua Cabang 3 Korcab IV DJA I Ny. Fionna Yovan A., juga ambil bagian melepas Tukik ke laut.

(Red/LR-thea).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.