Lanal Tarempa Peringati 29 Tahun Berdirinya Pangkalan TNI AL Tarempa

BuseronlineNews.com, Kepulauan Anambas,- Lanal Tarempa memperingati Syukuran dalam rangka HUT ke-29 Pangkalan TNI AL Tarempa yang jatuh pada tanggal 21 Juli 2022, dilaksanakan dengan sederhana namun khidmad, bertempat di Gedung Napoleon Mako Lanal Tarempa, Jumat (22/7/2022).

Acara diawali dengan Pembacaan Sejarah Pangkalan TNI AL Tarempa dan perkembangannya, diantaranya dimulai dengan nama Kosubmar Sional 207 tahun 1957, Pelaksana Penguasa Militer tahun 1957, Pelaksana Penguasa Peperangan tahun 1958, Pelaksana Kuasa Daerah Militer tahun 1962, Komando Stasiun Angkatan Laut tahun 1963. Seiring berjalannya waktu, hingga akhirnya pada tanggal 21 Juli 1993 istilah- istilah tersebut diatas diganti menjadi Pangkalan TNI AL Tarempa (Lanal Tarempa), berdasarkan Surat keputusan Kasal nomor Kep.12/VII/1993 tanggal 21 Juli 1993.

Kemudian dalam kesempatan tersebut, dilaksanakan pemberian sembako dan tali asih secara simbolis oleh Komandan Lanal Tarempa beserta Ibu Ketua Jalasenastri Cabang 3 Korcab IV Daerah Jalasenastri Armada I, kepada perwakilan Purnawirawan Serma (Purn) Djuri dan Ibu Aryone, selanjutnya acara puncak pemotongan nasi tumpeng dan diakhiri dengan do’a.

Dalam sambutannya, Komandan Lanal Tarempa Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, S.E., M.Tr. Opsla., mengatakan “Terima kasih saya ucapkan kepada seluh Personel Lanal Tarempa baik Militer, PNS dan ibu-ibu Jalasenastri yang hadir dan mendukung terlaksananya acara ini, terkhusus kepada Purnawirawan dan Warakawuri yang merupakan sesepuh, senior dalam tugas, karena seperti kita ketahui bahwa berdirinya Lanal Tarempa sampai saat ini tidak luput dari jasa-jasa mereka, saya apresiasi dan banyak terima kasih atas kehadirannya.”

“Keberadaan satuan TNI AL di Anambas, apapun sebutannya dimasa lalu adalah cikal bakal berdirinya Lanal Tarempa seperti yang kita rasakan sekarang ini,” ujar Danlanal Tarempa.

“Apabila kita tinjau dari awal keberadaan TNI AL di Anambas ini, maka sudah cukup lama dan memberikan warna terhadap masyarakat Anambas, namun dalam hal ini, hari ulang tahun Lanal Tarempa dimulai sejak adanya Surat Keputusan Kepala Staf TNI AL tentang terbentuknya satuan dengan nama Pangkalan TNI AL Tarempa, sampai saat ini terhitung sudah 29 tahun,” jelasnya.

“Saya berharap, acara seperti ini akan terus dilaksanakan, dengan harapan agar kita sebagai Pengawak Lanal Tarempa dapat mengetahui dan mengingat perkembangan atau sejarahnya sejak awal berdiri, sehingga kita akan menghargai jasa atau perjuangan para pendiri Lanal Tarempa. Dengan demikian, rasa tanggung jawab untuk tetap eksis dan solid akan terbentuk dengan sendirinya.”

“Diusia yg ke-29 ini, Lanal Tarempa akan terus berbenah diri untuk bisa lebih baik dan bisa melaksanakan tugas pokok yang dipercakan kepada seluruh pengawak organisasi Lanal Tarempa, hal ini selaras dengan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono “Berani berubah menjadi lebih baik dengan meninggalkan budaya rutinitas yang tidak produktif,” tutup Danlanal Tarempa.

Acara syukuran peringatan HUT Lanal Tarempa ke-29 ini dipimpin langsung oleh Komandan Lanal Tarempa didampingi Ketua Jalasenastri Cabang 3 Korcab IV Daerah Jalasenastri Armada I dan diikuti oleh seluruh Perwira, Bintara, Tamtama, PNS, Ibu-lbu Jalasenastri Cabang 3 Korcab IV DJA I, serta Purnawirawan dan Warakawuri TNI AL yang berdomisili di Anambas.

Dalam rangka memeriahkan HUT ke-29 Lanal Tarempa, juga disemarakkan dengan beberapa kegiatan lomba bersama masyarakat Anambas dengan memperebutkan piala Danlanal.

(Pen Lanal Tarempa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.