Antusias, Kerukunan Keluarga Desa Barana Sambut Pesta Panen dan Adat Budaya Bersama Gallarrang Barana

banner 468x60

BuseronlineNews.com – Jeneponto, Masyarakat Desa Barana Kecamatan Bangkala Barat Kabupaten Jeneponto patut mengucap syukur dan berterima kasih kepada Sang Pencipta di karenakan musim panen atau penghujan telah usai dan menghasilkan berkah yang begitu banyak serta sumber pertanian yang melimpah ruah. Warga Masyarakat Desa Barana sendiri setiap tahunnya menggelar ritual adat usai musim panen telah selesai.

Sebelumnya kegiatan pesta adat tersebut di gelar selama tiga hari berturut-turut di Mulai hari Minggu-Selasa dengan kegiatan Ase Lolo (Padi Muda) Kemudian Assuro Maca ( Do’a Selamat) dan berbagai kegiatan lomba di antaranya yaitu Lomba Pacuan Kuda, Lomba dan Motor Pengangkut Gabah (Odong-odong) untuk memperebutkan hadiah menarik lainnya yang di siapkan oleh panitia.

Dalam Sambutan Bupati Jeneponto Drs. H. Iksan Iskandar M.si Mengungkapkan Kabupaten Jeneponto Memiliki bentangan pertanian yang luas dan dapat di olah dengan muda, Iksan berharap investasi pertanian dapat tumbuh dan berkembang serta di olah dengan baik, Sehingga produksinya terus meningkat dan pemasaran nilai ekspor yang tepat sasaran serta berkelanjutan. Ia juga mengajak semua pihak terkait untuk membantu warga tani melalui pemberdayaan petani dengan bekerjasama mendisverifikasi berbagai produk pertanian sehingga kapasitas masyarakat petani dapat tumbuh dengan baik.”

“Saya berharap investasi pertanian dapat tumbuh berkembang dan di pelihara dengan baik serta produksinya terus meningkat, Sehinggga masyarakat petani dapat pula tumbuh dan mengolah lahan yang luas.” Ungkap Rahman Nara yang membacakan sambutan Bupati. Selasa 19 Juli 2022

Sementara itu Ketua Lembaga Adat Bangkala yang di wakili oleh H. Baharuddin BJ Kr. Nai sangat Mengapresiasi Pemerintah Desa Barana karena telah membentuk lembaga kebudayaan adat . Ia juga memohon kepada pemerintah desa untuk mendukung dan dapat bekerjasama dengan baik demi untuk kesejahteraan masyarakat Barana.
“Bahwa setiap desa itu ada didalam peraturan pemerintah untuk di wajibkan dan dianjurkan membentuk lembaga adat dan baru Barana ini yang pertama kali membentuk lembaga adat ini.” Bebernya Singkat

Terpisah Kepala Desa Barana Haeruddin Dg.Riu dalam Sambutannya berharap kepada seluruh masyarakat Desa Barana agar dapat mengambil hikmah mempersatukan kata dan perbuatan untuk Membangun Desa Barana 6 Tahun kedapan di masa kepemimpinannya. Ia juga mengajak Masyarakat Desa Barana Pasca Pilkades 7 Bulan lalu untuk tidak adalagi perbedaan warna pilihan, demi untuk menuju Barana yang Maju, Satu dan tidak dapat di pecahkan oleh apapun. Haeruddin juga mengimbau Warga Desa Barana untuk sentiasa mengingat Sang Pencipta agar mendapat berkah dan mentaati perintahNya. Di akhir sambutannya ia juga mengajak untuk mendukung kebijkan-kebijakan pemerintah desa Barana agar bisa lebih baik dari sebelumnya.

“Lewat momen ini saya mengajak warga masyarakat Desa Barana untuk bersama-sama memberikan sumbangsih pemikirannya. Baik itu berupa saran, masukan maupun kritikan yang sifatnya positif demi kemajuan Desa Barana yang kita cintai bersama.” Ungkapnya

Turut hadir dalam kegiatan pesta panen tersebut Pemerintah Daerah Kabupaten Jeneponto dan Para OPD Tingkat daerah, Camat Bangkala Barat, Kepala Desa Barana beserta Perangkat Desa, Tokoh Adat Bangkala, Pinati Gallarrang Barana, Tokoh Pemuda, Tokoh Perempuan dan Masyarakat Desa Barana.

(LKM)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.