Berhasil Turunkan Angka Stunting di Sergai, Wakil Ketua Dewan DPP Partai Gerindra Dukung Olahan Ikan Gabus di Pasarkan Hingga Tingkat Nasional

SERGAI, – Inovasi olahan produk untuk mengatasi permasalahan Stunting di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai),Sumatera Utara (Sumut), membuahkan hasil yang cukup baik. Pencegahan itu dengan memberikan makanan tambahan dalam bentuk Kapsul dan Sirup hasil dari Ikan Gabus. PT. Akar Rimba telah memproduksi Lima jenis hasil olahan Ikan Gabus sebagai makanan tambahan untuk anak-anak dan ibu hamil juga menyusui sangat baik mencegah stunting sejak dini.

Produk olahan dari Ikan Gabus tersebut berupa (1). Fitbumin Feber (dalam bentuk Kapsul), dianataranya, untuk membantu memenuhi nutrisi ibu hamil untuk pertumbuhan janin yang optimal, mengandung tinggi asam lemak Omega 3 untuk perekembangan otak janin dan mengandung serta tinggi untuk mencegah konstipasi dimasa kehamilan.

Selanjutnya (2) Fitbumin Channa Striata Ekstrak (Kapsul) bermanfaat sebagai membantu mempercepat penyembuhan luka, meningkatkan kadar albumin tubuh, mempercepat penyembuhan luka pasca operasi, membantu proses penyembuhan TBC,Stroke dan diabetes.

Masih penjelasan Pimpinan Departemen Public Relation PT. Akar Rimba Nusantara, yang juga Ketua DPC Partai Gerindra Sergai Budi Sumalim SE, Minggu (17/7/2022) dihadapan Wakil Ketua Dewan DPP Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo, bahwa (3) Fitbumin Vilaktin (Kapsul) memiliki manfaat diantaranya, untuk membantu memenuhi asupan nutrisi lengkap ibu menyusui untuk perkembangan anak. Meningkatkan produksi ASI selama menyusui. Mengandung tinggi protein untuk perkembangan optimal anak.,Fitbumin Vemuno (Sirup/Botol), memiliki manfaat sebagai sumber protein tinggi serta kombinasi munoodulator dan madu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian anda. Sedangkan (5.) Fitbumino Imunostimulan ini produk dalam bentuk kapsul juga a yang memiliki manfaat dianataranya sebagai Suplemen kombinasi bahan alami yang terbukti memiliki aktivitas formakologis sebagai peningkatan imun . (5) Fitbumin Vilaktin dalam bentuk kapsul yang memiliki kasiat berupa Nutrisi lengkap ibu menyusui komsumsi ASI sangat penting untuk memenuhi kebutuhan gizi anak. Asupan protein dan zat besi tinggi sangat dipbutuhkan guna memproduksi ASI dengan kuantitas dan kualitas baik. Beber Budi Sumalin.

Liam produk olahan dari Ikan Gabus ini tentunya sangat cocok sebagai makanan tambahan bagi anak-anak dan ibu hamil juga menyusui juga penderita TBC dan Stroke. Olahan Ikan Gabus ini sudah dikomsumsi masyarakat luar Provinsi Sumatera Utara. Untuk meningkatkan hasil produk olahan tersebut, PT. Akar Rimba sudah melakukan pemeliharaan Ikan Gabus dari menelurkan hingga dewasa dalam jumlah sangat banyak. Jelas Budi lagi.

“Ini inovasi yang sangat luar biasa dalam mengatasi Stunting di Kabupaten Serdang Bedagai. Saya benar-benar salut dan memberikan apresiassi cukup tinggi. Apalagi Bupati Kabupaten Sergai H. Darma Wijaya sangat mendukung pengolahan Ikan Gabus menjadi makanan tambahan dan Kapsul untuk dikomsumsi bagi anak-anak dan ibu hamil juga ibu menyusui. Ini kerjasama yang cukup bagus dalam mengatasi Stunting di daerah ini. Pengembangan pemasaran olahan Ikan Gabus di Sergai ini sangat kita dukung untuk di pasarkan hingga seluruh Indonesia (Nasional). Sehingga Pemerintah dan masyarakat bisa terbantu dalam mengatasi Stunting, cukup menggunakan makanan tambahan olahan Ikan Gabus dari Sergai saja. Ujar Hashim.

Untuk memenuhi kebutuhan bahan dasar Ikan Gabus, maka disaranakn Pemkab Sergai dapat membantunya dengan menginturksi semua masyarakat ternak kan Gabus. Sedangkan Pemerintah Provinsi Sumut dapat maka Gubsu disarankan menghimbau seluruh kepala daerah Kabupaten /Kota dapat memprogramkan ternak Ikan Gabus. Nah, jika penyediaan Ikan Gabus sudah banyak. Maka untuk mengatasi Stunting di Indonesia menjadi mudah sekali.Ucap Hashim.

Tampak hadir Ketua Fraksi Partai Gerindra Sergai yang juga Bendahara DPC Partai Gerindra Sergai, James Hotlan Pangaribuan, Anggota DPRD Partai Gerindra yang juga Sekretaris DPC Partai Gerindra Sergai Ilham Ritonga,SE Asisten III, Ir.Kaharruddin, Camat Perbaungan, Muhammad Fahmi, Kadis Diskanla Sergai, Klaudia Evinta Siregar, Dewan Penasehat UMKM Sergai, H. M. Tamlih Nasution dan Onwer Usaha Ikan Sale, Aeng Dumbo dan Lurah tualang Erwin Hariyanto.
(Jumani Alba/Biro Sergai.T.tinggi )

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.