MPLS Hari Kedua, SMPN 4 Kudus Gelar Kurban Bersama Siswa

banner 468x60

KUDUS – SMPN 4 Kudus menggelar kegiatan penyembelihan hewan kurban di lapangan sekolah setempat, Selasa, 12 Juli 2022.

Kegiatan penyembelihan hewan kurban ini dilakukan dengan melibatkan seluruh siswa, termasuk siswa baru kelas VII.

Kepala SMPN 4 Kudus Dedi Triaprianto menyampaikan, kegiatan kurban yang melibatkan siswa baru ini merupakan bagian dari Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

“Hari ini hari kedua MPLS, salah satu kegiatannya anak-anak menyaksikan sekaligus membantu pemotongan hewan kurban,” katanya saat ditemui di SMPN 4 Kudus.

Ada sejumlah dua ekor kerbau dan tiga kambing yang dilakukan penyembelihan hari ini. Pengadaan hewan kurban sendiri diperoleh dari dana suka rela para guru serta para siswa.

Dedi mengatakan bahwa penyelenggaraan kurban ini merupakan bagian dari upaya untuk penguatan profil pelajar pancasila. Para siswa, terutama siswa baru kelas VII ditanamkan salah satu bentuk kegiatan pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka.

“Dimensi yang diambil adalah ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, dan gotong royong,” ujarnya.

Pada kegiatan ini, lanjut Dedi, siswa akan diperlihatkan bagaimana cara penyembelihan hewan kurban dengan baik dan benar sesuai syariat.

Siswa juga diajak untuk saling berbagi dengan sesama dengan melakukan pendistribusian daging hewan kurban.

“Daging hewan kurban nanti kita bagikan kepada siswa yang kurang mampu dan warga sekitar, kalau masih ada nanti kuta salurkan ke panti asuhan,” katanya.

Untuk diketahui, siswa baru di SMPN 4 Kudus yang mengikuti MPLS ada sekitar 270an anak. Selain dilibatkan dalam kegiatan penyembelihan kurban, penguatan profil pelajar pancasila juga dilakukan dengan melakukan salat dhuhur bersama.

Adapun perayaan Hari Raya Iduladha di SMPN 4 Kudus dengan berkurban di sekolah sempat vakum selam 2 tahun lantaran pandemi covid-19. Namun, kegiatan ini dikatakan Dedi akan menjadi agenda tahunan yang diselenggarakan bersama siswa.

( JIMMY )

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.