Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) Bersama Warga Desa Sugihrejo Gabus Pati

PATI – Germas adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat. Aksi GERMAS ini juga diikuti dengan memasyarakatkan perilaku hidup bersih sehat dan dukungan untuk program infrastruktur dengan basis masyarakat, Sabtu (02/07).

Camat Gabus Suranta, S.STP, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa kampanye Germas di desa Sugihrejo dilaksanakan oleh pemerintah kecamatan bersama puskesmas Gabus II dan pemerintah desa Sugihrejo juga bersama lembaga desa, kader kesehatan dan stakeholder tekait dalam rangka memberikan sosialisasi kepada warga masyarakat desa Sugihrejo terkait pola hidup sehat.

“Pola hidup sehat yang terbangun di setiap lingkungan keluarga akan berdampak pada lingkungan masyarakat sehat,” Kata Camat.

“Kampanye Germas ini diharapkan diikuti pemerintah desa lainnya dalam mensosialisasikan pola hidup kepada masyarakat diwilayah sehingga terwujud masyarakat yang hidupnya sehat,” Jelas Suranta, S.STP, M.Si.

Sementara dr Nanik Sugiarti Kepala Puskesmas II kecamatan Gabus menyampaikan,” Program ini memiliki beberapa fokus seperti membangun akses untuk memenuhi aktifitas fisik, cek kesehatan berkala, tidak merokok, tidak napza, pemberantasan sarang nyamuk, makan buah sayur, yang menjadi program dari puskesmas II saat ini untuk terus disosialisasikan kepada masyarakat.

“Keenamnya merupakan infrastruktur dasar yang menjadi pondasi dari gerakan masyarakat hidup sehat,” Terang dr Nanik.

Kegiatan pagi ini diawali dengan senam sehat bersama – sama warga dan masyarakat setempat, yang mana di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat atau mensana mencorparo sano, dilanjutkan dengan pengobatan gratis kepada warga atau masyarakat yang datang dengan berbagai macam keluhan/sakit di pospindu atau pos pelayanan terpadu,” Ungkapnya.

Juga dengan berbagai materi seperti napza, tidak merokok juga makan makanan yang berserat seperti sayur dan buah buahan sebagai penyeimbang tubuh agar vitamin, karbohidrat maupun protein dapat di olah sebagai sumber energi dan kesehatan oleh tubuh,” Sebut dr Nanik.

Sebagai penutup adalah hidangan kesehatan unsur 4 sehat 5 sempurna sebagai sumber pokok makanan kesehatan, yang dihidangkan bersama sama untuk warga yang hadir dan para tamu undangan,” Imbuhnya.

Kepala desa (Kades) Sugihrejo Tri Setyanto, S.E dalam kesempatan tersebut menyebutkan,” Seperti apa yang disampaikan diatas, desa kami Sugihrejo sangat mendukung adanya program GERMAS ini.

“Karena faktor makanan, usia dan pola hidup sangat berpengaruh dalam hidup sehat. Untuk itu gerakan masyarakat sehat ini (GERMAS) sangat bermanfaatnya untuk kami khususnya warga desa Sugihrejo,” Pungkas Tri Setyanto, S.E.

( Hery-Willy).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.