Komandan Lanal Bandung Hadiri Kegiatan Pameran Inovasi dan Teknologi Dalam Rangka Rangkaian HUT ke-76 Kodam III/Siliwangi Tahun 2022

banner 468x60

BuseronlineNews.com, Bandung, 17 Mei 2022,– Komandan Lanal Bandung Kolonel Laut (KH/W) Dr. Renny Setiowati, S.T., M.Sc., M.Tr.Hanla., menghadiri Acara Pameran Inovasi dan Teknologi dalam rangka rangkaian HUT ke-76 Kodam III/Siliwangi Tahun 2022 serta Pengarahan Pangdam III/Siliwangi Mayor Jenderal TNI Kunto Arief Wibowo, S.Ip kepada Taruna Akamil TNI AD bertempat di Taman Pule Makodam III/Slw Jl. Aceh No. 69 Kota Bandung, Selasa (17/05).

Maksud dan tujuan kegiartan tersebut adalah dalam rangka menampilkan dan memperkenalkan berbagai produk inovasi dan teknologi pertahanan serta dipaparkan pula mengenai berbagai inovasi dan solusi berbasis sains dan teknologi di sektor pertahanan.

Pangdam III Siliwangi pada saat Press Conference mengajak semua pihak untuk membangun sistem, inovasi teknologi yang berkelanjutan dan diaplikasikan langsung di lapangan. Kegiatan ini bertujuan melihat hasil karya inovasi para prajurit Kodam Siliwangi dan beberapa perusahaan tekonologi, dimana teknologi ini akan dimanfaatkan untuk kepentingan militer dan pembinaan wilayah pertahanan Kodam III Siliwangi.

Pada kesempatan tersebut Danlanal Bandung bersama Pejabat Utama Kodam III/Slw, mendampingi Pangdam III/Siliwangi melaksanakan peninjauan ke tiap-tiap Stan diantaranya stan Hubdam III Siliwangi yang menampilkan inovasi Satelit On The Movie (STOM), Camera Miltrac Mobil, alat pengubah voice atau suara menjadi teks, detektor bawah air, sumber tenaga alternatif, dan Radar Ground Surveilance (RGS), dari Kodim 0620/ Kab. Cirebon menampilkan inovasi dan menciptakan Nikuba. Nikuba adalah pengonversi air menjadi bahan bakar kendaraan bermotor, khususnya roda dua. Nikuba sendiri adalah akronim dari Niku Banyu dalam bahasa Cirebon yang berarti Itu Air. Selain Nikuba diciptakan juga sebuah alat pemadam api ringan (APAR). Yang unik berbentuk bola, APAR ini terbuat dari bahan baku berupa kulit singkong. Pada kulit singkong terdapat kandungan potasium sitrat yang bisa sangat efektif memadamkan api, dimana memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan alat pemadam api jenis gas halon, selain aman untuk kesehatan dan lingkungan, alat pemadam api yang ia buat diklaim lebih efektif memadamkan api baik ketika di dalam ruangan maupun di ruang terbuka.

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain Kasdam III Siliwangi Brigjen TNI, Irdam III Siliwangi, para Pejabat Utama Kodam III Siliwangi, Para Danrem, Dandim Jajaran Kodam III/Slw, Para Komandan Satuan TNI Jajaran Dam III/Slw dan Taruna Akmil TNI AD serta Warga Masyarakat sekitar Mako Kodam III/Slw.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.