Pentingnya Vaksinasi dan Vaksin COVID 19

Buseronlinenews.com. Lampung Tengah 15/11/2021 Kementrian Kesehatan , melalui kepala dinas Kesehatan kabupaten Lampung Tengah dr Otniel Sriwidiatmoko mengatakan bahwa semua Vaksin Covid – 19 saat ini efektif melawan semua varian virus corona termasuk vatian Delta ,yang kemarin sempat menyebabkan peningkatan lonjakan kasus yang signifkan beberapa saat yang lalu.

Hingga saat ini belum ada bukti ilmiah maupun jurnal medis yang mengatakan jenis vaksin tertentu yang sudah tidak efektif lagi makanya selalu didorong percepetan vaksinasi Covid – 19 agar kekebalan kelompok atau herd imunity terbentuk.

WHO memgatakan hatus percepat Vaksin supaya kekebalan kelompok itu terjadi dsn dengan percepetan vaksinasi orang yang akan tertular makin sedikit yang tentunya mutasi atau varian baru itu bisa kita cegah untuk muncul.

Hal hal yang perlu diperhatikan dalam Vaksinasi Covid – 19 adalah :

sebelum menerima Vaksin,

cari tahu imformasi yang akurat, terdapat begitu banyak informasi keliru tentang Vaksin di dunia maya , sangat penting bahwa kita selalu merujuk kepada informasi dari sumber sumber terpercaya seperti , Kementrian kesehatan , UNICEF, dan WHO.
masyarakat yang ragu tentang kondisinya dapat nerkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu tentang boleh atau tidak memerima vaksin .
saat ini secara umum seseorang dengan kondisi berikut sebaiknya tidak menerima vaksin COVID – 19 demi menghindari kejadian ikutan pasca vaksinasi ( KIPI ).

* Orang dengan riwayat reaksi alergi berat terhadap kandungan vaksin COVID – 19
* Orang yang sedang sakit atau sedsng mengalami gejala COVID -19 ( Vaksinasi dapat dilakukan setelah sembuh dsn dangan persetujuan dokter )

Pastikan tubuh dalam kondisi bugar, beristirahat dan minumlah air putih yang cukup agar anda merasa bugar pada hari vaksinasi , saat menerima vaksin , ikuti protokol kesehatan , pastikan anda selalu mengikuti aturan kesehatan pada lokasi vaksinasi , misalnya, menjaga jarak saat menunggu panggilan atau memakai masker.

Berterus terang tentang kondisi diri sendiri ,sampaikan kepada tenaga kesehatan jika anda memiliki kondisi yang harus diperhatikan , seperti sedang mengandung atau mengalami gangguan kekebalan tubuh.

Simpan bukti Vaksinasi , penerima vaksin akan menerima kartu yang menyatakan jenis vaksin COVID – 19 yang diterima , waktu , dsn lokasi vaksinasi ,kalau kalau di butuhkan pada masa mendatang.

Setelah menerima vaksin,

Ikuti prosedur pemantauan , setelah vaksinasi ,tenaga kesehatan meminta untuk menunggu sekitar 15 menit di lokasi untuk memastikan tidak ada reaksi atau KIPI yang bersifat segera .

Tetap antisipasi reaksi vaksin , Vaksin bertujuan memberikan kekebalan tubuh tanpa harus terkena penyakit , kekebalan tubuh dapat terbangun tanpa nerbagai reaksi , namun terdapat pula beberapa gejala KIPI umum ،yang ringan hingga sedang , dan akan hilang demgsn hitungan hari.

Beberapa bentuk KIPI, ringan hingga sedang yang mungkin dialami pasca vaksinasi adalah :
* Rasa pegal di sekitar area suntik
* Demam ringan
* Rasa lelah
* Sakit kepala
* Pegal pada otot atau sendi
* Menggigil
* Diare
Apabila tubuh mengalami reaksi setelah vaksinasi :
* Tetap tenang
* Reaksi nyeri , bengkak atau kemerahan di area suntikan , ( kompres dengan air dingin )
* Reaksi demam ( kompres dengan air hangat ,perbanyak minum air putih , dan istirahat
* Minum obat sesuai anjuran petugas kesehatan

Segera hubungi petugas kesehatan jika gejala berlangsung lebih dari tiga hari .

Bersabar, Tubuh perlu waktu dua minggu untuk membangun kekebalan setelah di vaksinasi dengsn dosis lengkap .

jaga diri dan orang lain , Vaksin vaksin yang tersedia menunjukan efektivitas tinggi dalam melindungi penerimanya dari kejadian sakit berat akibat COVID -19 ,Akan tetapi , orang yang sudah di vaksin masih mungkin menularkan COVID – 19 meskipun , tanpa gejala sebab itulah , kita harus tetap mengikuti protokol kesehatan demi diri sendiri dan orang lain , Hindari kerumunan , Jaga jarak , Rajin mencuci tangan , dsn selalu kenakan Masker.

Rilis : (Kairul Anam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *