Terpidana Shabu 402 Kilogram Lolos dari Hukuman Mati? Komisi III DPR RI Siap Membentuk Panja

Buseronlinenews.com – Ketua Komisi III DPR RI Herman Herry mewacanakan pembentukan panitia kerja {panja} pidana narkotika dan obat terlarang {narkoba}. Komisi III segera menggelar pertemuan bersama sejumlah lembaga terlait untuk menyamakan visi pemberantasan narkoba. Wacana ini disampaikan Herman merespons peristiwa sebanyak enam orang terpidana kasus narkoba jenis shabu dengan seberat 402 kilogram telah lolos dari hukuman mati? setelah Pengadilan Tinggi PT Bandung. Jawa Barat telah memberikan keeinganan hukuman atas vonis yang telah dijatuhkan. “Dalam menjalankan fungsi pengawasan terhadap penegakkan hukum, khususnya tindak pidana narkotika, saya sebagai Ketua Komisi III DPR RI akan menginisiasi dibentuknya panja penegakkan hukum terkait tindak pidana narkotika,” kata Herman kepada wartawan, Senin (29/6/2021).

Ia telah menerangkan, sejumlah lembaga akan dilibatkan dalam pembahasan masalah penegakan hukum terkait kasus tindak pidana narkoba, seperti Badan Reserse Kriminal {Bareskrim} Polri, Badan Narkotika Nasional {BNN}, Direktorat Jenderal Permasyarakatan Kemenkumham serta beberapa lembaga lainnya yang terkait. Politikus PDIP itu pun sangat berharap langkah ini bisa melahirkan sebuah perspektif yang sama terkait visi dan misi pemberantasan. “Kami di DPR tentu saja juga siap jika dalam pembahasan ini dibutuhkan ada perubahan-perubahan legislasi,” ucap Herman. Sebelumnya, sejumlah media mengabarkan bahwa sebanyak enam orang terpidana pada kasus narkoba lolos dari vonis hukuman mati yang dijatuhkan Pengadilan Negeri {PN} Cibadak, Jawa Barat usai banding yang diajukan ke PT Bandung dan dinyatakan diterima. “Herman mengaku sangat prihatin terkait pemberian keringanan hukuman terhadap enam orang terpidana kasus narkotika jenis shabu-shabu seberat 402 kilogram.

Keringanan hukuman itu usai pengajukan banding yang diterima majelis hakim PT Bandung. “Herman menyatakan, betapa keringanan hukuma tersebut tak sejalan dengan kinerja baik Satgas Merah Putih dalam mengungkap kasus penyelundupan narkoba berskala besar. “Keringanan hukuman yang didapat para terpidana kasus Shabu 402 kilogram ini cukup mengagetkan dan memperhatinkan, bahkan bisa dibilang melukai rasa keadilan di masyarakat,” ucap Herman.

Rilis {Saydi./Janawi}. Red. Ms. Syahrief. H. Dok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *