Dapat 3000 Bibit Durian, Hartopo : Bisa Jadi Kualitas Ekspor Kedepannya

banner 468x60

KUDUS – Pelaksana Tugas(Plt) Bupati Kudus HM Hartopo menyerahkan sekaligus melakukan penanaman secara simbolis bibit buah durian varietas “Kromo Banyumas” sebanyak 3.000 bibit durian hasil bantuan dari Pemerintah Pusat kepada Gabungan kelompok tani (Gapoktan) di tiga Desa di Kecamatan Dawe, Selasa (30/3/2021) pagi.

Diketahui, masing-masing Gapoktan desa tersebut mendapatkan bantuan bibit durian sejumlah 1000 pohon yang diserahkan secara simbolis kepada masing-masing kepala desa. Tiga desa tersebut yakni, Desa Piji, Desa Lau, dan Desa Puyoh.

” Ini ada bantuan dari pemerintah pusat, yakni bibit buah durian sebanyak 3.000 bibit,” kata Hartopo saat di temui di lokasi penyerahan bibit di Desa Piji, Selasa (30/3).

Menurut Hartopo, bibit durian yang diberikan ini berbeda dari durian lokal seblumnya. Pasalnya, bibit yang didapat ini akan berbuah 4-5 tahun usai ditanam.

” Buah duarian ini memang lain dari pada yang lain. Ini nanti di buktikan, ditanam sekarang 4-5 tahun akan berbuah,” jelas dia.

Tak hanya itu, lanjut Hartopo, bibit durian ini bisa berbuah lebih banyak dengan bobot perbiji 4-5 kg. Dengan biji yang lebih kecil dan rasa lebih manis.

“Untuk kapasitas buahnya lebih banyak, bisa sampai satu pohon itu 100-190 buah.
Dan uniknya disini, buah ini bisa sampai berbobot 4-5 kg. Ini malah melebihi durian montong. Uniknya didalamnya warnanya oranye dan isinya lebih kecil dan tentunya rasanya manis sekali,” ucapnya.

“Masing-masing desa ini mendapat bantuan bibit durian varietas Kromo Banyumas sebanyak 1000 pohon dari Pemerintah Pusat, diharap durian varietas ini dapat menjadi ikon baru, bisa menjadi kolaborasi dan warna baru di kecamatan Dawe,” imbuh Hartopo.

Hartopo berharap, dengan adanya bantuan bibit durian ini bisa membantu perekonomian masyarakat Kudus, tentunya di Kecamatan Dawe.

“Mudah-mudahan ini bisa menjadikan rejeki yang barokah untuk masyarakat Dawe dan dicintai masyarakat dunia tentunya. Harapan kami bisa menjadi kualitas ekspor kedepannya,” harapnya.

Terakhir, Hartopo juga mendorong Gapoktan setempat untuk semangat dalam mengembangkan dan merawat bibit pohon durian varietas Kromo Banyumas yang tumbuh dilereng muria agar dapat lebih dikenal dan diminati masyarakat baik dari dalam daerah maupun luar daerah.

“Mari kita bersama-sama merawat dan mengembangkan varietas durian Kromo Banyumas yang ada dilereng muria ini dengan segala keunikan dan keunggulannya agar lebih diminati dan dapat menarik perhatian masyarakat sehingga suatu saat akan dapat menembus pasar ekspor,” pungkasnya.

Rilis: ( JIMMY )…

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.