Luwu Diterjang Angin Puting Beliung,106 Rumah Warga Mengalami Kerusakan

banner 468x60

LUWU – Setidaknya 106 Rumah Warga di empat Desa di Kecamatan Lamasi Timur Kabupaten Luwu Sulawesi Selatan (Sulsel) mengalami rusak berat dan rusak ringan akibat diterjang Angin Puting Beliung, pada Senin (15/2/2021), akibat bencana ini, 1 orang warga dikabarkan meninggal dunia.

Kepada Wartawan Kepala Bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Luwu Athair Assagaf,S.Kom.M.Si,ketika dikonfirmasi lewat telepon celularnya mengatakan bahwa warga yang meninggal dunia bernama Rianto (36) tahun,adalah warga Desa Salu Pao Kecamatan Lamasi Timur.

Kabid Perumahan Dinas Perumaha dan Kawasan Permukiman Kabupaten Luwu,” Athair Assagaf S.Kom.M.Si.

Kejadian bencana Angin Puting Beliung itu pada pukul 13.50 WITA di Desa Salupao,Desa Bululondong,Desa To’Lemo dan Desa Pompengan,yang mengakibatkan 106 Rumah Warga Mengalami Kerusakan.

Adapun Rumah Warga yang rusak akibat Terpaan Puting Beliung tersebut,di Desa Salupao sebanyak 25 Unit Rumah Rusak Berat sementara 48 rusak ringan.

Untuk Desa Bululondong 1 Unit Rumah Rusak Parah sedang 13 rumah rusak ringan, sementara Desa To’Lemo ada 12 Unit Rumah rusak ringan,sedangkan Desa Pompengan dinyatakan 7 Unit Rumah rusak ringan.

Pernyataan Kepala Bidang Perumahan Athair Assagaf S.Kom.M.si dibenarkan Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DISPERKIM) Kabupaten Luwu H.Sofyan Thamrin.ST.MM ketika di jambangi awak media ini di ruangan kerjanya, Rabu (17/2/2021)

H.Sofya Thamrin.ST.MM, menjelaskan hari ini adalah hari ketiga pasca Bencana Puting Beliung yang menimpa empat desa di Kecamatan Lamasi Timur, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman yang saat ini Kami pimpin telah berupaya dan terus melakukan pendataan rumah warga yang terdampak langsung ke lokasi Bencana di Kecamatan Lamasi Timur.

Kepala Bidang Perumahan Dinas Perkim Kabupaten Luwu Athair Assagat S.Kom.M.Si ketika awak media ini kembali melakukan konfirmasi lanjutan lewat Via
WhatsApp pribadinya menjelaskan bahwa kami dan Tim Teknis saat ini sementara berada di lokasi bencana melakukan pendataan.

“Rumah warga yang rusak akibat terpaan Puting Beliung sedang kami data,Tim teknis yang kami turunkan memastikan tak ada rumah warga yang terlewatkan,”ucap Athair.

Dan bahkan dari 106 rumah warga yang terdampak di empat desa di Kecamatan Lamasi Timur itu, Pemerintah Kabupaten Luwu dalam hal ini Bapak Bupati Luwu DR.Drs.H.Basmin Mattayang M.Pd menginstruksikan agar segera menurunkan bantuan untuk pasca bercana tersebut.

Dan bahkan tak segan-segan Bupati Luwu memerintahkan menggelontorkan dan Mengalokasikan Dana Bantuan untuk 26 rumah warga yang mengalami rusak berat Rp.25 juta/unit, sementara 77 rumah warga yang rusak ringan diberi Rp.5 juta/unit,” tandas Athair Assagaf,Kamis (18/2/2021)

Rilis: (Bang Jur)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.