Diduga, Langgar Undang Undang No. 39 Tahun 1999, Di Banjar “Pengusaha” Usaha Dagang (UD) Menahan Ijazah Asli, Sebagai Jaminan Kerja

banner 468x60

SKM – BuseronlineNews.com Lebih kurang 40 Ijazah asli di tahan oleh Pengusaha sebagai jaminan untuk setiap pekerja pada Usaha Dagang (UD) Banten Daya Inti Tehnik yang beralamat di ruko Terminal Banjar dan merupakan anak perusahaan dari PT. Guna Indah Makmur Jakarta.

Menurut pengakuan salah satu sales (Tenaga Marketing) yang tidak mau disebutkan namanya, Ijazah Asli miliknya di tahan di tempat kerja, dia mau berhenti bekerja tapi bingung karena harus ada uang senilai Rp.250 ribu untuk menebus Ijazah yang di tahan sebagai jaminan di perusahaan, Ungkapnya.

SKM-buseronline.News..com & tim konfirmasi 24/03/20 ke tempat usaha UD Banten Daya Inti Teknik di terima oleh “Hamzah” sebagai staff kantor dia membenarkan adanya aturan tersebut, kami hanya mengikuti peraturan dari pusat mohon di ketahui pula bahwa Ijazah asli Bukan jaminan kerja tapi jaminan mengambil produk, Ucapnya.

Lanjut Hamzah, terkait uang tebusan Ijazah apabila sales berhenti itu ada tahapannya antara lain yaitu 1. Kalau sales berhenti tapi sebelum 3 bulan bekerja tidak usah bayar karena Ijazah masih ada di sini belum ke pusat, 2. Berhenti baru satu tahun harus siapkan uang tebusan paling seratus ribu, dan 3. Berhenti diatas 2 tahun adalah Rp. 250.000,- tandasnya.

Terlepas hasil kesepakatan atau tidak langsung maupun tidak UD Banten Inti Tehnik diduga telah melanggar Undang Undang No.39 Tahun 1999 tentang Hak Azasi Manusia (HAM) yang mana setiap orang berhak atas perlindungan hak asasi manusia dan hak dasar manusia tanpa diskriminasi.

SKM – buseronlineNews.com :
Seno T Sastrawinata

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.