Adiang Dusun Hutan Samak Desa Titi Akar Rupat Utara Berharap Pemekaran Desa Segera Terwujud

Sejak lama Adiang telah mengurus kegiatan pemekaran Desa di dusun Hutan Samak Desa Titi Akar Kec.Rupat Utara mulai tahun 2012 lalu. Namun belum juga ada kepastian mengenai harapan yang di tunggu sebagai Desa harapan. Hali ini diungkapnya kembali ketika Adiang ketemu wartawan selasa 12/1/2021 di sebuah Kafe sekitar pelabuhan Desa Titi Akar.


Adiang selaku warga Dusun Hutan Samak berupaya memperjuangkan masyarakat yang tinggal di wilayah terpencil Hutan Samak,dia menyebutkan segala urusan pemekaran Desanya di Dusun Hutan Samak telah didaftarkannya melalui Provosal ke Salah satu DPRD Bengkalis (Wakil Ketua DPRD Bengkalis) “Syahrial” komisi II,dan juga telah memasukkan berkas atau Provosal ke Dinas PMD Bengkalis tahun terakhir 2020.


Sebelumnya beberapa tahun lalau di tahun 2012 dengan PMD Bengkalis di terima oleh H.Irwan. Saat itu bersamaan dengan Desa Pangkalan Pinang yang pengurusnya Bahari sendiri. Desa nya telah mekar dan Bahari juga Jadi Kepala Desanya, sebut Adiang.


Adiang berkeinginan Dusun Hutan Samak mekar jadi Desa,sebap daerah terisolir disutut pantai paling terpencil, namun berkependudukan mencapai 300 jiwa,memiliki Sebuah Gedung Sekolah Dasar, 2 buahRumah ibadah, sarana jalan gang telah di bangun pemerintah berupa jalan gang di beton, memiliki pelabuhan sederhana, telah memiliki arus Listrik (PLN) Memilki sejumlah pelajar anak lingkungannya (Sarjana) juga Luas lahannya cukup luas serta penghasilan petani pekebun sudah mulai berkembang, walau letak Dusun strategisnya terpisah jauh oleh sebuah selat dan berhubungan dengan Desa Titi Akar menggunakan transportasi motor laut setiap hari siang malam, mudah2 akan ada pembangunannya kedepan sebuah jembatan penghubung wilayah antara Desa Induk agar warga tidak bersusah payah lagi.

Oleh karenanya, saya berharap pihak Dinas Kasi PMD, baik dari Kecamatan Rupat Utara maupun Kab.Bengkalis dan DPRD dapil Rupat saya berharap mereka sudi turun meninjau segera mungkin agar menyesuaikan langsung apa apa yang ada baik SDM maupun SDA di Wilayah Hutan Samak yang kami sayangi, Adiang berharap (12/01).


Adiang berharap kepada pemerintah dan DPRD Bengkalis mempermudah dan mempercepat menanggapi dan memprioritaskan pemekaran Dusun Hutan Samak menjadi sebuah Desa, terpisah dari Desa Induk sebap kami ingin lebih cepat maju dan berkembang sesuai harapan kami kedepan agar menjadi Desa yang berkemajuan.

Bahkan Hutan samak bisa dijadikan daerah wisata taman alam buatan sebagai kunjungan wisata lokal bahkan bisa juga bertamasya ke Beting Aceh lebih dekat dari Hutan Samak melalui pelabuhan Titi Akar, karena Hutan samak berhadapan Selat Malaka yang di depan Kuala Sei.Titi Akar selat Morong Barat terpampang sebuah pulau yang di sebut pulau Babi, bahkan banyak pemandangan pulau pulau lain di sekitarnya, jelasnya.


Kemudian wilayah pantainya memiliki pantai pasir yang luas, sejumlah sungai dan alam bakau di sekitarnya, dan Nelayan kami sering berlabuh mencari ikan sekitar pulau pulau tersebut, tuturnya terakhir.

Rilis: (Nasri/tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *