Tersangka Korupsi Bunuh Diri Pakai Pistol di Tolet Kejari, Kejaksaan Agung Angkat Bicara

BuseronlineNews.com – Kejaksaan Agung angkat bicara soal insiden bunuh diri tersangka kasus gratifikasi kepada pegawai negeri kantor pertanahan Kota Denpasar, Tri Nugraha di Kejaksaan Tinggi Bali, Senin (31/8/2020).

Kapuspenkum Kejaksaan Agung RI Hari Setiyono membenarkan adanya insiden tersebut. Insiden bermula saat tersangka memenuhi panggilan jaksa penyidik Kejaksaan Tinggi Bali untuk dimintai keterangan. “Pada 31 Agustus 2020, tersangka Tri Nugraha memenuhi panggilan jaksa penyidik tindak pidana korupsi kejaksaan tinggi Bali untuk dimintai keterangan sebagai tersangka dalam perkara tersebut di atas,” kata Hari dalam keterangannya, Selasa(1/9/2020).

Pada 10.00 WITA, Hari mengatakan tersangka bersama penasehat hukumnya tiba di Kantor Kejaksaan Tinggi Bali. Saat itu, tersangka diterima oleh Jaksa Penyidik Anang Suhartono beserta Tim Penyidik. “Kemudian dilakukan pemeriksaan lanjutan terhadap tersangka,” jelasnya. Setelah pemeriksaan selesai,.kata dia, tersangka harus dilakukan penahanan di Rumah Tahanan untuk kepentingan pemeriksaan oleh penyidik.

“Tim jaksa penyidik terhadap tersangka disarankan dilakukan penahanan rumah tahanan Negara demi kelancaran dan efektifitas pemeriksaan dengan mempertimbangkan semua syarat baik obyektif maupun subyektif,” ungkapnya. Pada pukul 12.00 WITA, Hari menyampaikan tersangka meminta izin kepada penyidik untuk melaksanakan salat terlebih dahulu.

“Ternyata diyunggu, tersangka tidak kunjung datang kembali ke Kantor Kejaksaan Tinggi Bali, maka penyidik melakukan pencarian ke mushola terdekat, akan tetapi Tersangka tidak ditemukan,” jelasnya. Menurut Hari, tim penyidik kemudian melakukan konsolidasi dan sepakat untuk menangkap tersangka dengan menyiapakan surat perintah penangkapan.

Pada pukul 16.00 WITA, tersangka Tri Nugraha ditemukan di rumahnya oleh tim penyidik. “Oleh Tim Penyidik dibawa ke Kantor Kejaksaan Tinggi Bali guna dilakukan penahananRutan. Setelah tiba di Kantor Kejaksaan Tinggi Bali, tim penyidik langsung melakukan penahanan dengan mengikuti protokol Covid-19, dimana sebelum dibawa ke Rutan di Lapas Kerobokan, Denpasar, terhadap tersangka terlebih dilakukan Rapid Tes dan hasil non reaktif,” ungkap.

Selanjutnya pada pukul 18.20 WITA, tersangka Tri Nugraha sempat melaksanakan salat Magrib terlebih dahulu di ruang Kepala Seksi Penuntutan. Selanjutnya, tersangka juga sempat terbuka puasa usai melaksanakan salat magrib. Setelah itu, pukul 20.00 WITA, tersangka dan tim penyidik dengan pengawalan anggota Polda Bali hendak berangkat ke Lapas Kerobokan.

“Pada saat keluar dari ruang penyidik, tersangka minta izin ke toilet dan meminta kepada pengacaranya untuk mengambil tas kecil yang disimpan di loker dan setelah tas tersebut diserahkan kepada tersangka masuk ke kamar toilet,” jelasnya. Baru sekitar dua menit di dalam kamar mandi, Hari menyebut para penyidik mendengar ledakan dari dalam kamar mandi. Selanjutnya, penyidik mendrbrak pintu dalam kamar mandi tersebut.

“Dari dalam toilet terdengar bunyi ledakan sebanayak satu kali dan setelah dilakukan pendobrakan pada pintu toilet diketahui tersangka terluka dibagian dada sebelah kiri dan ditemukan senjata api di dekat tubuh tersangka,” ungkapnya. “Tersangka dievakuasi oleh Jaksa Penyidik dinantu pegawai dan pengawalan Kepolisian ke Rumah Sakit terdekat.

Namun jiwanya tidak tertolong dan meninggal dunia,” sambungnya. Atas insiden itu, Jaksa Agung ST Burhanuddin memerintahkan JAM Bidang Pengawasan Kejaksaan Agung RI untuk melakukan klarifikasi atau pemeriksaan terhadap pihak-pihak yang terkait dalam insiden itu. “Untuk memastikan apakah terdapat pelanggaran SOP atau tidak yang dilakukan oleh Tim Penyidik Kejaksaan Tinggi Bali dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dalam menangani perkara sehingga terjadi peristiwa tersebut,” katanya.

Bunuh diri bisa terjadi saat seseorang mengalami depresi dan tak ada orang yang membantu. Jika anda memiliki permasalahan yang sama, jangan menyerah dan memutuskan mengakhiri hidup. Anda tidak sendiri. Layanan konseling bisa menjadi pilihan Anda untuk meringankan jiwa atau untuk mendapatkan berbagai alternatif layanan konseling, Anda bisa sima website Into the Light Indonesia di bawah ini. Kejaksaan Agung Ungkap Kronologi Tersangka Korupsi Bunuh Diri Pakai Pistol di Toilet Kejati Bali.

Rilis. (Ms./Tim). Dok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *