Sadimas Oleh Dinas PKPLH Kudus

Kudus – Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) Kabupaten Kudus membuat program Sampah Menjadi Emas (Sadimas).

Salah satunya Tempat Pembuangan Sementara (TPS) yang ada di Desa Rendeng Kecamatan Kota Kudus.

Kepala Dinas PKPLH, Agung Karyanto mengatakan TPS di Desa Rendeng berfungsi sebagai tranfer depo untuk menuju ke Tempat Pengelolaan Sampah Akhir (TPA) yang berada di Desa Tanjungrejo.

Agung menjelaskan, untuk pengurangan sampah yang ada di TPS Rendeng diperkirakan mencapai 40-30 persen, yang 60 persen dibawa ke TPA Tanjungrejo.

“Enam Puluh persen dibawa ke TPA Tanjungrejo. Selebihnya 40 persen kita sesuaikan dengan kondisi pada saat ini sedang kita kerjakan dengan menggalakan pemilahan-pemilahan untuk kemudian bisa ditampung. Ditampung didalam Rekening Tabungan Emas (TE), melalui agen-agen keuangan, dalam hal ini chanel-chanel Brilink yang sudah tersebar di Kabupaten Kudus kira-kira 400 chanel bayar,” ujar Agung saat ditemui awak media di TPS Rendeng, Sabtu 15 Aguatus 2020.

“TPS Desa Rendeng bisa mengkafer 9 desa, yang dilayani oleh 19 personil,” ungkapnya.

Lebih lanjut, TPS Rendeng memilah sampah antara organik, non organik dan sisanya berupa residu yang nantinya akan dikirim ke TPA Tanjungrejo.

“Seperti yang dilakukan ada di belakang saya adalah, pemilahan sampah antara non organik dan organik sisanya berupa residu di bawa ke TPA Tanjungrejo,” paparnya.

Rilis: ( JIMMY )….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *