Kadisdik Labuhanbatu Buka Pelatihan Kurikulum Tahun 2013 di Hotel Permata Land Rantau Prapat

BuseronlineNews.com – Disdik labuhanbatu mengadakan pelatihan penyusunan kurikulum 2013, untuk gelombang ke 4 tingkat sekolah dasar yang di hadiri oleh 44 peserta dan pelaksanaan kegitan tersebut di adakan di hotel Permata Land Rantau Prapat,Selasa(17/03/2020).

Dalam pembukaan acara kegiatan pelatihan penyususna kurikulum 2013, kepala dinas pendidikan Labuhanbatu, H.Mhd, Syaiful Azhar, M.Pd, memberikan arahan dan bimbingan, dalam arahan dan bimbingan beliau menyampaikan bahwa “pelatihan tersebut dilaksanakan terus menerus setiap tahun di Kabupaten Labuhanbatu guna menambah wawasan bagi guru Sekolah Dasar (SD) agar kemampuan guru merata dan terus meningkat, yang terpenting adalah penerapannya di dalam kelas harus tersalurkan kepada siswa.

Beliau juga memberikan contoh apabila seorang guru mengajar bukan hanya memberi pengetahuan kepada siswanya tetapi ada beberapa aspek yang sangat diperlukan untuk diterapkan terhadap siswa diantaranya : 1. Aspek Afektif (Sikap), 2. Apek Kognitif (Pengetahuan) dan 3. Aspek Psikomotorik (Perilaku).” ucapnya.

Lebih lanjut beliau menambahkan, Banyak Indra tubuh yang harus dilibatkan ketika pembelajaran, supaya menarik perhatian dan minat siswa untuk belajar, guru harus membawa sebuah alat peraga. Dengan alat peraga tersebut yang akan melibatkan banyak panca Indra siswa sehingga pembelajaran membekas di hati dan pikiran siswa.

Kemudian beliau juga memberikan contoh sederhana “Misalnya guru pagi-pagi datang membawa sebuah kantong plastik yang berisi semangka, siswa akan penasaran dengan isinya sebelum dibuka yang ternyata adalah semangka. Kemudian guru menggunakan semangka dengan menanamkan konsep pecahan dengan membelah semangka tersebut menjadi 1/2, 1/4 dan seterusnya untuk membuktikan secara nyata seberapa besar pecahan-pecahan yang dipelajari. Konsep pecahan ini akan di ingat siswa sepanjang hidupnya.” pungkasnya.

Rilis : Syafrizal Siregar
Editor: Ongen Van Lou

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *