Integritas SMK Negeri 1 Gondang Sragen Patut Menjadi Contoh

BuseronlineNews.com, Jateng – Berdasarkan keterangan dari pihak SMK Negeri 1 GONDANG, untuk mendukung proses pengadaan barang / jasa dengan Dana Bos Reguler / Afirmasi dan kinerja KEMENDIKBUD telah mengembangkan SISTEM INFORMASI PENGADAAN DI SEKOLAH ( siplah ). Sistem ini dikembangkan untuk menjamin transparasi dan akuntabilitas belanja di sekolah. Selain itu penggunaan siplah akan meningkatkan akses terhadap informasi, realisasi penggunaan Dana Bos secara realtime dan mendorong pengembangan UMKN di sekitar sekolah. (21/11/2019)

Menurut Ibu Herlin selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 1 GONDANG, sistem informasi pengadaan sekolah atau siplah adalah sistem elektronik yang dapat digunakan sekolah untuk melaksanakan proses PBJ secara daring yang dananya bersumber dari Dana Bos.

Tujuan siplah yaitu rekapitulasi, realisasi Dana Bos secara realtime, mempermudah pelaporan sekolah, meningkatkan tata kelola PBJ sekolah, kompetisi harga terbaik, dan meningkatkan peran serta UMKN di sekitar sekolah. Dan data transaksi siplah sebagai dasar pembuatan paket kebijakan.

Program SIPLAH merupakan sebuah langkah maju bagi pemangku kepentingan atau stakeholder sekolah jika diminta untuk mengelola Dana Bos, terutama tentang pengadaan barang dan jasa. Hal itu harus dikelola dan membelanjakanya secara transparasi. Kemudian secara akuntabilitas dalam belanja diharapkan setiap pemangku kepentingan atau pihak sekolah agar bertanggungjawab atas apa yang dilakukan supaya menumbuhkan rasa kepercayaan dari seluruh pemangku kepentingan.

Program siplah diterapkan dengan proses belajar mengajar dan juga ekstra kulikuler SMK Negeri 1 GONDANG, yang meliputi ekstra Teknik Kendaraan Ringan, setir mobil, body repair. Untuk Multimedia seperti Editing, Desain Grafis, kemudian untuk jurusan Kepariwisataan meliputi perjalanan wisata dan perhotelan.

Dengan adanya program siplah diharapkan anak didik atau siswa SMK Negeri 1 GONDANG dapat menjadikan lulusan sekolahan tersebut lebih bermutu dibidangnya, sehingga dapat menciptakan SDM yang lebih maju kedepanya. Pesan terakhir Ibu Herlin selaku kepala sekolah untuk kawan kawan pendidik di lingkungan SMK Negeri 1 Gondang setiap pelaksanaan kegiatan apapun agar berjalan sesuai posedur, semua itu demi menjaga kredibilitas serta meningkatkan elektabilitas sekolahan. Selama ini SMK Negeri 1 Gondang di cintai dan di percaya segenap lapisan masyarakat Gondang sekitarnya, karena selama ini SMK Negeri 1 Gondang selalu memprioritaskan kepentingan dan pelayanan masyarakat. Tegas kepala sekolah di depan Jurnalist Media SKM BUSER / BuseronlineNews.com.

Rillis : ( Tim Buser Solo Raya )
Editor : (Ongen Van Lou)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *