Lomba Lari Tandu Gerilya Ramaikan Festival Jenderal Soedirman.

PURBALINGGA – Dari berbagai instansi dan elemen masyarakat di wilayah Kabupaten Purbalingga ikut berpartisipasi mengikuti lomba lari tandu Gerilya Jenderal Soedirman.

Acara yang bertema Festival Jenderal Soedirman ini digelar di Halaman Monumen Tempat Lahir Panglima Besar Jenderal Soedirman Desa Bantarbarang, Kecamatan Rembang, Purbalingga Sabtu (07/12/2019).

Masyarakat maupun instansi sangat berantusias mengikuti lomba tersebut. Dilihat dari banyaknya peserta yang mencapai 53 tim,1 tim terdiri dari 10 orang.

“Peserta lomba diikuti oleh TNI, Polri, Unsur Pemkab mulai dari Pemerintahan Kabupaten, Kecamatan, Kelurahan atau Desa, Intansi terkait, warga masyarakat umum, pelajar, Organisasi Masyarakat, Kepemudaan dan Mahasiswa,” kata Dandim O702/Purbalingga, Letkol Inf Yudhy Nofrizal melalui ketua panitia Kapten Cahyadi.

Lomba lari tandu Gerilya Jenderal Soedirman tersebut dalam rangka menyemarakkan Festival Panglima Besar Jenderal Soedirman yang dibuka pada tanggal 06 Desember 2019 sampai tanggal 08 Desember 2019.

Diadakannya FJS ini dalam rangka memperingati khaul hari lahir Panglima Besar Jenderal Soedirman yang jatuh pada tanggal 24 Januari 1916 dan memperingati wafatnya Panglima Besar Jenderal Soedirman pada tanggal 29 Januari 1950.

“Kegiatan ini merupakan event tahunan yang diselenggarakan Pemkab bekerjasama dengan Kodim 0702/Purbalingga. Peserta menempuh jarak sepanjang 5 Km dan dilepas keberangkatannya di garis start lapangan Bodas karangjati menuju halaman MTL Panglima Besar Jenderal Soedirman,” terangnya.

Bupati Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan, mengapresiasi para peserta yang ikut berpartisipasi dalam lomba lari tandu gerilya Jenderal Soedirman. Pasalnya dengan mengikuti kegiatan ini akan semakin membangkitkan semangat nasionalisme dan semangat kebangsaan.

Kegiatan Festival Jenderal Besar Soedirman merupakan kegiatan rutin yang diadakan oleh pemerintah kabupaten Purbalingga bekerjasama dengan Kodim 0702/Purbalingga. Salah satu rangkaian dalam kegiatan Festival Jenderal Soedirman yang paling “ikonic” dan ditunggu-tunggu adalah Lomba Lari Tandu Gerilya Jenderal Soedirman.

“Lomba lari tandu ini adalah lomba yang ditunggu-tunggu, karena memiliki banyak manfaat yakni napak tilas, mengingat kembali akan perjuangan besar beliau Panglima Besar Jenderal Soedirman. Yang mana beliau lahir di Desa Bantarbarang Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga, jadi Rembang merupakan buminya Jenderal Besar Soedirman,” tutur Bupati Tiwi.

Rillis : (Kurniawan)
Editor : (Ongen Van Lou)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *